EFEKTIFITAS METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perkembangan siswa dengan penerapan metode resitasi pada siswa kelas IV MI Raudlatusshibyan NW Belencong mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap motivasi belajar tahun ajaran 2018/2019. Untuk mengatahui hasil, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan subjek yang diteliti adalah guru kelas dan siswa kelas IV A MI Raudlatusshibyan NW Belencong.
Dari output penelitian yg sudah dilakukan bahwa metode resitasi (penugasan) didalam kelas didapatkan bahwa hasil dengan penerapan metode ini mampu memotivasi murid, dimana murid yg awalnya kurang bersemangat buat belajar maka dengan diterapkannya metode ini sanggup membangkitkan semangat belajar siswa. Untuk itu, Motivasi dapat dijadikan sebagai unsur krusial pada proses belajar mengajar sehingga menjadi pemicu dalam mencapai output sesuai target. Dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi menandakan bahwa hasilnya menurut murid kelas IV MI Raudlatusshibyan NW Belencong merasa sangat termotivasi di saat belajar menggunakan penerapan metode resitasi (penugasan) maka dari itu pembelajaran berjalan maksimal dan efektifFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Jakarta: PT Rikerna Cipta, 2014)
Anwar, Rosihin. Akidah Akhlak. (JL. BKR Lingkar Selatan: CV Pustaka Setia, 2014)
Bhaskara F.V dan M. Andre Martin, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Surabaya: karina, 2002)
Dahlan ahmad, “Definisi Siswa Dan Peserta Didik”, dalam http//www.eurekapendidikan.net/artikel/ahmad. Diambil tanggal 26 juni 2019 pukul 09:43
Depertemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Indonesia Pusat Bahasa (Jakarta: PT Gramedia Pusat Utama, 2008)
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka,1998)
Dimyati, Johni. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). (Jakarta: Kencana Pranada Media Group, 2013)
Djamarah, Bahri, Saiful, Psikologi Belajar (Jakarta: PT RINEKA CIPTA. 2011)
Djamarah, Bahri, Saiful Dan Zain Aswan. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014)
Margono. Metode Penelitian Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2011)
Riadi, Profesionalisasi Guru Madrasah (Yogyakarta: Penerbit Ombak. 2017)
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif Kuantitatif R Dan D (Bandung: Alpabeta, 2018)
Sugiyono. Memahami Penelitian kualitatif (Bandung: Alpabeta, 2012)
Suasanto, Ahmad. Teori Belajar Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013)
Suprianto Sani Ahmad, Efektifitas Pelaksanaan P2KP dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Usaha Kecil, (Ulul Albab, Vol. 7, No. 1, 2006)
Usman User. Moh, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 1995)
Wiyani, Ardy, Novan dan Barnawi. Ilmu pendidikan islam (Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2012)
Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010)
Alipandie , Imansjah, Didaktik Metodik Pendidikan Umum , (Jakarta: Bumi Aksara,
Refbacks
- There are currently no refbacks.