Menelisik Makna Jenang safar Di Desa Alastengah Besuk Probolinggo Kajian Etnolinguistik dalam pendekatan Pola Pikir

Halimatus Sakdiah, Fathullah Ramzi Fat, Domas Sugrahita Harja Susetya Domas, Magfirotul Hamdiah

Abstract


ABSTRAKAbstrak: This research was conducted to find out the meaning of jenang sofar in Alastengah village, Besuk, Probolinggo in the study of mindset. And this research uses descriptive qualitative research which will be studied using mindset studies. The research method that will be used is descriptive qualitative, namely describing things that are known by researchers with data collection techniques by means of interview techniques, observe, and record previous literature reviews, observe, record and record as much as possible researchers will include documentation in this case as reinforcement data in the arrangement of articles made by researchers. The purpose of this research is to preserve and maintain the customs of the Indonesian nation. Keywords; the meaning of jenang sofar, study of mindset  Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna jenang sofar di desa Alastengah, Besuk Probolinggo dalam kajian pola pikir. Dan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang akan dikaji dengan menggunkan kajian pola pikir. Metode penelitian yang akan digunakan adalah Deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan hal-hal yang diketahui oleh peneliti dengan teknik pengambilan data dengan cara teknik wawancara, simak, dan catat kajian pustaka terdahulu, observasi, rekam dan catat semaksimal mungkin peneliti akan menyertakan dokumentasi dalam hal ini sebagai penguat data dalam susunan artikel yang dibuat oleh peneliti. Maksud dalam penelitian ini dilakukan adalah untuk melestarikan dan menjaga adat istiadat bangsa Indonesia. Kata kunci; makna jenang sofar, kajian pola pikir     


Keywords


20191201460028

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Wakit. 2014. Buku Ajar Etnolinguistik: Teori, Metode, dan Aplikasinya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Al-Quran Kementerian Agama RI, Alquran dan Terjemahannya, Jakarta : Lajnah

Pentashihan Mushaf Al-Quran, 2015.

Casson, Ronald W. 2012. Language, Culture, and Cognition. London: Collier Macmillan Publishers.

Endraswara, Suwardi. 2015. Etnologi Jawa: penelitian, perbandingan, dan pemaknaan budaya. Yogyakarta: CAPS.

Haryono, Gatot Comas. 2020. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi, Jejak Publisher.

Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI edisi V

Laili, Elisa Nurul. 2021. Kajian Antropolinguistik: Relasi Bahasa,Budaya Dan Kearifan Lokal Indonesia. Jombang: LPPM Unhasy Tebueireng Jombang.

Rukin. 2019. Metode Penelitian kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmad Cendekia Indonesia. .

Setiawan. Albi Anggit Johan. 2018. , Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.

Jurnal

Nurhayati, Endang. Dkk. “Inventarisasi Makanan Tradisional Jawa Unsur Sesaji di Pasar-Pasar Tradisional di Kabupaten Bantul”, Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 19, No. 2, Oktober 2014.

Fausett, L. (1994). Fundamentals of Neural Network. New York: Prentice Hall.

Herbert, Riza, L. S, and Mukmin, A. (2011). Penerapan Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation Untuk Peramalan Curah Hujan. Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 1-5. DOI: ……

Sektor Pertanian. (2011). Kajian Risiko dan Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mataram: Dinas Pertanian NTB.

Syaharuddin, Vera, M., dan Dewi, P. (2017). Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab. Prosiding Seminar Nasional IKIP Mataram, Mataram, Indonesia, 12-14.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v8i2.14534

Refbacks



_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.