Landasan Filosofis Buku Dunia Kata Karya M. Fauzil Adhim

Rahmat Sulhan Hardi, Darmiyati Zuchdi

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan landassan filsafat pendidikan dari buku keterampilan menulis yang berjudul Dunia Kata karya M. Fauzil Adhim. Penelitian ini menggunakan analisis konten inferensial. Prosedur dalam penelitian ini antara lain: pengadaan data, reduksi data, inferensi, dan analisis data. Sumber data penelitian ini adalah buku Dunia Kata karya M. Fauzil Adhim. Validitas data menggunakan validitas semantis sedangkan reliabilitas menggunakan test retest reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku Dunia Kata karya M. Fauzil Adhim berlandaskan filsafat idealisme, pragmatisme, esensialisme, perenislisme,dan humanisme religius. Hal ini didasarkan pada isi buku yang didominasi pentingnya ide atau niat dalam menulis untuk beribadah kepada Tuhan Yang Mahaesa dan menjadikan para pembaca buku ini untuk menulis hal-hal yang dapat bermanfaat untuk orang lain. Penulis juga mengajak pembaca untuk belajar menulis dari orang-orang terdahulu yang telah berjuang dalam menulis sehingga dapat sukses menulis.Tulisan yang dihasilkan tidaklah hanya bagus semata, akan tetapi memiliki kebermanfaatan dan dapat mengubah hidup orang lain menjadi lebih baik.

Abstract: The purpose of this research is to find the foundation of educational philosophy from the writing skills book entitled Dunia Kata by M. Fauzil Adhim. This research uses inferential content analysis. The procedures in this study include: data procurement, data reduction, inference, and data analysis. The source of this research data is the book Dunia Kata by M. Fauzil Adhim. Data validity uses semantic validity while reliability uses retest reliability testing. Fauzil Adhim is based on philosophies of idealism, pragmatism, essentialism, perenislism, and religious humanists. This is based on the contents of the book that discusses ideas or intentions in writing to worship God Almighty and makes the readers of this book to write things that can be useful for others. The writer also invites the reader to learn to write from people who have struggled to write so that they can write successfully. Writers who produce only good, will support usefulness and change others for the better.


Keywords


Kata Kunci: Landasan filosofis filsafat pendidikan Dunia Kata Menulis

Full Text:

PDF

References


Adhim, M. Fauzil. (2004). Dunia Kata: Kisah Sukses Fauzil Adhim Membuat Buku-Buku Fenomenal.Bandung: Dar! Mizan

Jumarudin, dkk. (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Humanis Religius dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Volume 2, Nomor 2, 2014.

Kuntoro, Sodiq A. (2013). Formulasi Model Pendidikan Humanis Religisu. Makalah Workshop Pengembangan Pendidikan Humanis Religius FIP UNY, 16 November 2013 di Yogyakarta

Nurjanah, Ida. (2018). Paradigma Humanisme Religius Pendidikan Islam. Misykat, Volume 3, Nomor 1, Juni 2018Nasution, S. (2003). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara

Rukiyati. (2013). Landasan Filsafat Ilmu Pendidikan. Dalam Dwi Siswoyo (Ed.), Pendidikan untuk Pencerahan dan Kemandirian Bangsa. (pp. 62-74). Yogyakarta:Fakultas Ilmu Pendidikan Universtas Negeri Yogyakarta.

Rusdi. (2013). Filsafat Idealisme (Implikasinya dalam pendidikan). Dalam Dinamika Ilmu, Volume 13, Nomor 2, Desember 2013. (hal. 236-249)

Sadulloh,Uyoh. (2017). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Siregar, Raja Lottung. (2016). Teori Belajar Perenialisme. Dalam Jurnal Al-Hikmah, Volume 13 Nomor 2, Oktober 2016. (hal. 172-183)

Suseno, Frans Magnis. (2002). “Agama, Humanisme, dan Masa Depan Tuhan”. Dalam Basis No. 05-06 Tahun ke-51 Mei-Juni.

Zubaidah, Siti. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, tanggal 10 Desember 2016 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan Barat

Zuchdi, Darmiyati & Afifah. (2019). Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory dan Hermeneutika dalam Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v5i1.1675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.