Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Cerita Pendek Melalui Metode Pemetaan Pikiran Cakar Ayam di Kelas IX a SMP Negeri 9 Mataram

Eny Nur Hasanah

Abstract


Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan tiga siklus dengan masing-masing pelaksanaan siklus meliputi (a) perencanaan tindakan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (acting), (c) pengamatan (observing), (d) refleksi (reflecting). Sedangkan prosedur penelitian mencakup langkah-langkah: (1) persiapan, (2) studi/survei awal, (3) pelaksanaan siklus, dan (4) penyusunan laporan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi siswa kelas IXASMP Negeri 9 Mataram dalam  menulis cerpen meningkat. Peneliti melakukan tindakan dalam tiga siklus, pada siklus I terlihat bahwa persentase skor tes siswa mencapai 47%. Hal ini menunjukan bahwa siswa belum sepenuhnya mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus II telah mengalami penigkatan persentase tes siswa mencapai 69%, dan pada siklus III mencapai 91%. Hal ini menunjukan ada peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa. Peningkatan ini antara lain  disebabkan adanya peningkatan motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar. Hal tersebut menandakan adanya peningkatan hasil belajar pada materi menulis cerpen  pelajaran Bahasa Indonesia  Walaupun pada dasarnya model pembelajaran metode peta pikiran (mind mapping)  cakar ayam  bukan satu satunya metode yang bisa digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, akan tetapi metode ini dapat sangat  membantu siswa dalam memahami materi menulis cerpen. Namun hal tersebut juga perlu didukung dengan adanya kemauan dari para siswa untuk mempelajari cerpen dengan lebih giat lagi agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Berdasarkan hasil yang diperoleh oleh siswa pada siklus III tersebut, penelitian  ini dinyatakan berhasil untuk mencapai tujuan penelitian yang ingin dicapai.

Abstract: This research is to find out the increase in activities and achievements of IXA grade students of SMP Negeri 9 Mataram in writing short stories with the application of mind mapping methods for chicken paws. This Classroom Action Research uses three cycles with each cycle including (a) action planning, (b) acting, (c) observing, (d) reflecting. While the research procedure includes the steps: (1) preparation, (2) initial study / survey, (3) implementation of the cycle, and (4) preparation of the report.The results of data analysis showed that the activities and achievements of IXA grade students of SMP Negeri 9 Mataram in writing short stories increased. Researchers took action in three cycles, in the first cycle it was seen that the percentage of student test scores reached 47%. This shows that students have not fully achieved mastery learning. Whereas in the second cycle, the percentage of students' tests increased to 69%, and in the third cycle it reached 91%. This shows that there is an increase in the percentage of students' mastery learning. This increase was partly due to an increase in student motivation and creativity in learning. This indicates an increase in learning outcomes in the Indonesian short story writing material. Although basically the learning model of the mind mapping method is not the only method that can be used in Indonesian subjects, but this method can greatly help students in understand short story writing material. But it also needs to be supported by the willingness of students to study short stories more actively so that they can be applied in daily life. Based on the results obtained by students in the third cycle, this study was stated successful in achieving the research objectives to be achieved.


Keywords


Cerpen, peta pikiran, cakar ayam

Full Text:

PDF

References


Buzan, Tony. 2004. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

________. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Slamet, Stefanus Y. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi (Terjemahan Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irsyad). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumardjo, Jakop dan Saini K.M. 1986. Apresiasi Kesusastraan.Jakarta: Gramedia.

Sutedjo dan Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Wibowo, Hari. 2012. Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Puri Cipta Media.

http://pkab.wordpress.com/2008/02/29/peta-pikiran-mind-mapping/diunduh 16.30, 2 Mei 2017.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v5i1.1678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.