Pengembangan Model Bahan Ajar Bahasa Indonesia pada membaca Efektif dalam meningkatkan keterampilan khusus terintegrasi dengan Pendidikan karakter di Era Merdeka Belajar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model bahan ajar bahasa Indonesia pada membaca efektif dalam meningkatkan keterampilan khusus terintegrasi dengan pendidikan karakter di era Merdeka Belajar. Pengembangan model ini dilakukan agar peserta didik memiliki model khusus yang menarik sehingga minat membaca dapat meningkat secara signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualilatif deskriptif dengan tehnik analisis Borg and Gall, 1989 dengan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu model pengembangan bahan ajar sangat efektif dan efisien berbasis keterampilan dan penggunaan model bahan ajar yang telah dikembangkan dengan mengintergrasikan pendidikan karakter di era merdeka belajar sangat berlandaskan sikap dan pengetahuan sangat sesuai.
Kata Kunci:
Model, Bahan ajar, Membaca efektif, keterampilan, Pendidikan karakter
Keywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Albaburrahim, A., & Rahman, A. (2022). Pengembangan Model Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa pada Membaca Efektif Terintegrasi dengan Pendidikan Karakter di Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 47–57. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7460
Ihsan3, I. N. S. E. R. M. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terintegrasi Games Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 4(March), 120–134.
Meredith D.Gall, J. P. G. and W. R. B. (2020). Educational research: An introduction. In Pearson. Pearson. https://doi.org/10.4324/9781003008064-1
Mirna, W., & -, N. (2022). Adaptasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif dalam Pembelajaran Menulis Puisi melalui Media Lagu. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.3544
Pamuji, A. R., & Hidayati, D. (2021). Model Pengembangan Dan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Mts Karangkajen. Academy of Education Journal, 12(1), 158–168. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.438
Putra, H., Yessi, F., & Utami, P. I. (2022). Aplikasi Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam Pengembangan Modul Menulis Cerpen. SILAMPARI BISA, 5, 188–202.
Putu Andyka Putra Gotama1, N. K. S. A. (2022). Asesmen Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL LAMPUHYANG LEMBAGA PENJAMINAN MUTU STKIP AGAMA HINDU AMLAPURA, 13(2), 43–57.
Zulaeha, I., Sulisyaningrum, S., Suratno, S., Pristiwati, R., Arsanti, M., & Supriyono, A. Y. (2021). Bimtek Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Indonesia Bermuatan Multikultural bagi Guru MTs/SMP di Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 1(2), 41–46. https://doi.org/10.15294/jce.v1i2.48993
MANUAL CITES
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Alatas, M. A., & Albaburrahim. (2021). Record Slide Show Power Point sebagai Alternatif Media Pembelajaran Audio Visual pada Pascapandemi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, EDISI KHUS, 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.5273
Crawford, J. (2002). The Role A Material in Language Classroom.” Dalam Richard, J.C, & Renandya, W.A. (Eds.). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.
Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Fathurrohman, P. D. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
Long, M. H., & Doughty, C. J. (2011). The Handbook of Language Teaching (Vol. 63). John Wiley & Sons.
Zuchdi, D., Prasetya, Z. K., & Masruri, M. S. (2013). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo.Ghâncaran:
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i2.21076
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.