PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTUR TIPE TPS (THINK, PAIR,SHARE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MA

Muhamad Yunus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap prestasi belajar siswa kelas X MA NW Wanasaba khususnya pada materi system persamaan kuadrat. Metode pembelajaran kooperatif tipe TPS dilaksanakan melalui tiga tahap :Thinking ( berfikir) dimana tahap ini guru mengajukan pertranyaan atau isu yang berhubungan dengan matri pelajaran, selanjutnya siswa diminta untuk memikirkan jawaban pertanyaan tersebut secara mandiri untuk beberapa saat. Pairing (berpasangan)pada tahap ini guru meminta siswa untuk berpasangan dengan siswa yang lain untuk mendiskusikan apa yang telah difuikirkan pada tahap pertama. Sharing ( berbagi) pada tahap ini guru meminta tiap pasangan untuk berbagi dengan seluruh kelas tentang apa yang telah mereka diskusikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen. Hasil pengamatan data menggunakan deskriptif data untuk keperluan pengkategorian. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui pengukuran angket dan tes (post tes) yang diberikan kepada kelompok eksprimen. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data untuk angket nilai rata-ratanya 55,31 dan untuk post tes nilai rata-ratanya 61,32. sedangkan untuk  mengetahui pengaruh kedua variabel menggunakan r- product moment dan diproleh r-hitung = 0,398 dan r-tabel 0,349 dengan dk 32 dan taraf signifikasi 5% sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima, yang artinya ada hubungan yang positif dan signifikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap prestasi belajar siswa kelas X MA NW Wanasaba Tahun pembelajaran 2023/2024.

 


Keywords


metode kooperatif tipe TPS, prestasi belajar, matematika

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Hasan. 2008. Modul Perkuliahan Strategi Belajar Mengajar. STKIP HANZANWADI Selong

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Mukhtar. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan

Muhammad Halqi dan Muhammad Ali G. 2007. Statistik Penelitian Konsep dan Aplikasi. Lombok Timur

Noormandiri dan Endar Sucipto. 2004. Matematika SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Punaji Setyosari. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksar




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i1.21942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.