Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 3 Mataram
Abstract
Abstrak: Penggunaan dua model pembelajaran yaitu problem based learning dan project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik karena berdasarkan hasil observasi awal saat pelaksanaan PPL 1 bahwa proses belajar mengajar lebih menekankan pada penggunaan dua model pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan penggunaan model pembelajaran PBL dan PjBL terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Mataram. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan populasi penelitian adalah kelas XI IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen yang dipakai yaitu lembar observasi, dan catatan lapangan yang dipakai untuk memperoleh data secara objektif yang tidak dapat terekam melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus pertama hingga siklus ketiga, terjadi peningkatan yang konsisten dalam pencapaian hasil belajar peserta didik, dengan nilai rata-rata mencapai 42,5%pada siklus pertama, meningkat menjadi 60,6 % pada siklus kedua, dan mencapai 75,7% pada siklus ketiga. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik jika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dan mendorong kemampuan peserta didik dalam membangun pemikiran kritisnya serta mampu dalam berkolaborasi, menghargai pendapat, serta mampu menganalisis permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyati, S. Kuswarini, P. dan Surahman, E. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning. Journal of Geography Education Universitas Siliwangi GEODUCATION, 1(3), 2018–2019.
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Febrian, R., Rahayu, E. T., & Suherman, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Pemecahan Masalah ( Pbl ) Yang Di Tinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Dalam Belajar Senam Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 827–833.
Khakim, N., Santi, N. M., Bahrul, A., Assalami, U., & Putri, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI. 2(2), 347–358.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (buku ajar praktis cara membuat penelitian). PT. Panca Terra Firma.
Nurhakim, I., & Suherdiyanto, S. (2020). Perbandingan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mata Pelajaran Geografi Di Sma N 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 121–129. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1573
Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9629
Sekretariat GTK. (2020). Mengenal Konsep Project-based Learning. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/mengenal-konsep-projectbased-learning
Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., & Ginting, F. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 8(1), 24–28.
Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Dilengkapi Contohnya. Penerbit Deepublish.
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i2.24606
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.