Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn pada Kurikulum Merdeka

Nova Apriliani, Kamuria Kamuria, Sunardiansyah Sunardiansyah, Aliahardi Winata, Wiya Mela Astari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada Kurikulum Merdeka di SMPN 7 Mataram. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan mengadopsi model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian meliputi guru mata pelajaran PPKn dan 40 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui instrumen wawancara dan observasi langsung terhadap proses pembelajaran PBL. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar guru menerapkan PBL, meskipun menghadapi tantangan seperti jumlah siswa yang melebihi kapasitas kelas dan pengelolaan waktu. Respons siswa terhadap PBL positif, meningkatkan keterlibatan dan motivasi intrinsik. Tantangan utama adalah kurangnya pemahaman guru tentang konsep PBL dan waktu persiapan yang cukup. Solusi termasuk pembentukan tim kerja guru, dukungan sekolah, dan pengembangan strategi yang tepat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL dapat diimplementasikan secara efektif dengan dukungan yang memadai, memberikan pengalaman pembelajaran yang bermakna dan peningkatan pada hasil belajar siswa.


Keywords


Model pembelajaran berbasis masalah, Kurikulum Merdeka, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2018). Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. EDURELIGIA; Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

Azungah, T. (2018). Qualitative research: deductive and inductive approaches to data analysis. Qualitative Research Journal. https://doi.org/10.1108/QRJ-D-18-00035

Balqist, A. K., Bahar, A., Purwidiani, N., & Miranti, M. G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa pada Materi Keselamatan dan Kecelakaan Kerja (K3) di SMK Negeri 1 Dlanggu. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3954

Dasusmi, K. J., Destami, L., Mardiana, M., Shobah, M. D., & Muhibbatuzzaeniah, M. (2023). Studi literatur: Model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.319

Estuning, H. (2023). Efektivitas Upaya Penerapan Metode Tanya Jawab Dengan Variasi Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada MP PKN Kelas VII E MTsN Jombang. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran. https://doi.org/10.51878/educational.v3i2.2317

Hudha, M. N., Etikamurni, D. P., Rasuli, I. P. A., Safitri, N. S., Perwita, C. A., & Ayu, H. D. (2023). Problem Based Learning (PBL) - Problem Solving Skills (PSS): Systematic Literature Review. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v5i2.10603

Karlina, R., & Wirdati, W. (2023). Pelaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 7 Padang. AS-SABIQUN. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3306

Lastari, R., Saragi, D., & Murad, A. (2023). The Effect of the Learning Model “Problem Based Learning” on Interpersonal Intelligence and Student Pancasila and Civic Subject Learning Outcomes. Randwick International of Education and Linguistics Science Journal. https://doi.org/10.47175/rielsj.v4i2.697

Lisnawati. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran PKn Model Kooperatif Tipe Tebak Kata di Hulu Sungai Selatan. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21462/educasia.v8i3.206

Lisnawati, A., Asyahidah, N. L., Haifarashin, R., Sormin, Y., & Komariah, K. (2023). Implementasi Model PBL pada Materi Pengukuran Bangun Datar untuk Mengetahui Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Siswa Kelas IV. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3180

Manalu, K. K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Poblem Based Learning (PBL) Berbasis Daring (Dalam Jaringan) Untuk Meningkatkan Konseep Fisika Pada Materi Usaha Dan Energi Di SMA Negeri 15 Medan. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika). https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i02.43600

Muna, L., & Mujianto, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Academy of Education Journal. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1661

Puspitasari, E., Suprapto, E., & Sunarni, S. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Satuan Waktu Kelas II SD Negeri 1 Kalak Kabupaten Pacitan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7893

Rifai, M., Utomo, D. H., Astina, I. K., & Suharto, Y. (2023). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa berbasis penilaian autentik. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.17977/um063v3i7p753-759

Rusidik, R. P., Mulyawati, Y., & Nugraha, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.679

Suindhia, I. W. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i1.2163

Yunina, Y. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 Materi Fluida Dinamis Di SMAN 1 Cikarang Barat. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA. https://doi.org/10.51878/science.v2i4.1769




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i2.24620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.