Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa IX SMP Islam Aswaja Syamsul Falah

Wiya Mela Astari, Hayatun Nufus, Zedi Mutaqin, Aliahardi Winata, Roby Mandalika Waluyan

Abstract


Abstrak: Kemampuan berkomunikasi merupakan aspek penting dalam proses komunikasi yang melibatkan interaksi verbal. Keterampilan berbicara menjadi fondasi utama dalam memfasilitasi komunikasi yang efektif antara individu. Kemajuan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi untuk mengukur kehamiran berbahasa seringkali diukur melalui kemahiran berbicara, yang menjadi indikator keberhasilan dalam penguasaan bahasa. Keterlibatan siswa dan peran guru sangat diperlukan untuk meningkatakn ketarmpilan berbicara. Pembelajaran melalui metode diskusi dalam penelitian ini dilakukan Plan, Do, dan See yakni Lesson Study.Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas metode diskusi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian tindakan kelas, dilaksanakan di kelas IX SMP Islam Aswaja Syamsul Falah dengan melibatkan 12 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, dengan teramati adanya kemajuan progresif dari siklus ke siklus dalam pembelajaran. Peran guru atau peneliti dalam memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa yang kurang percaya diri juga terbukti signifikan dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi. Kesimpulan ini menekankan pentingnya penggunaan metode diskusi sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di lingkungan pendidikan formal. Nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa dengan metode diskusi sebesar 45,33% pada siklus pertama, meningkat menjadi 58,67% pada siklus kedua, dan mencapai 72,67% pada siklus ketiga.


Keywords


Metode Diskusi, Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. (2018). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar murid pada pelajaran fiqh mawardi ahmad. 15(1).

Andi, A. (2018). Penggunaan media kartu gambar berwarna sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbicara pada mata pelajaran bahasa inggris di kelas VIII SMP 4 MATARAM SEMESTER GANJIL. Photosynthetica, 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht

Asmah, A. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Untuk Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas Vi. Paedagoria | FKIP UMMat, 9(1), 45. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v9i1.275

Atie, H. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui pendekatan komunikatif kelas v sd padurenan ii di bekasi tahun pelajaran 2016/2017. V(2).

Gatra, I. M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SMA Dwijendra Gianyar Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Journal of Education Action Research, 2(4), 322. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16323

Irwan, Hasbi, R. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. 1(1), 43–54.

Nikmah Din, Agung Setyawan, T. C. (2020). 3 1,2,3. 618–625.

Pudjiastuti, S. R., Ilis, N., & Ati, H. M. (2020). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman globalisasi. 03(September), 133–138.

Putu, N., Wulandini, W., Wiweka, I. W. E., & Bayu, G. W. (2021). Efektivitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. 4(2), 143–149.

Sholihah Marwah, N. A. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DISKUSI Pendahuluan. 8(3), 898–905.

Supriyati, I. (2020). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VIII MTSN 4 PALU. 5(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i2.24622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.