PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Sanjaya Perdana Zain, Mohammad Junaidin Muhdar

Abstract


Model atau starategi adalah komponen yang juga mempunyai fungsi yang sangat menentukan dalam keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Bagaimanapun lengkapnya komponen lain, tanpa dapat diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam pendekatan ini data-data yang terkait dengan masalah yang di bahas dan dijabarkan secara deskriftif-interpretatif. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII.A MTs NW Ketangga Tahun Pembelajaran 2018/2019. Peningkatan ini dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang memiliki kategori tuntas sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran STAD berjumlah 10 orang atau 32 %. dan yang tidak tuntas berjumlah 21 orang atau 68 %,  setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD pada siklus I jumlah peserta didik yang memiliki kategori tuntas berjumlah 18 orang atau 58% dan yang tidak tuntas berjumlah 13 orang atau 42 %, sedangkan pada siklus II jumlah peserta didik yang memiliki kategori tuntas 29 orang atau 93,54% dan yang tidak tuntas berjumlah 2 orang atau 6,45%.

 


Keywords


Model Pembelajaran STAD, Prestasi

Full Text:

PDF

References


Agama, Departemen RI, (2006). Undang-Undang Dan Peraturan RI Tentang Pendidikan. Jakarta.

Agama, Departemen RI. (2009). Alqur’an Dan Tafsirnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

Arikunto, Suharsimi, Dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahri, Djamarah, Syaiful. (1991). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Banjarmasin: Usaha Nasional.

Daradjat, Zakiah, Dkk. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasbullah, (2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: UIN-Maliki Press.

Mufarrokah, Annisatul. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.

Supriadi, Dedi. 2002. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda karya.

Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT.logo Wacana Ilmu .

Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Thoib, Ismail. (2009). Wacana Baru Pendidikan, Ampenan Mataram: Alan Tara Institut.

Tafsir, Ahmad. (2003). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Umar, Bukhari. (2012). Hadits Tarbawi. Jakarta: Bumi Aksara.

Panen, Paulina. (2003). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwanto, Ngalim, (2009). Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amir Daien Indrakusuma, (1973). Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta,




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i2.24664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.