Dampak Keluarga Broken Home terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 2 Labuapi

Arniati Arniati, Ainun Rafiah, Afra Auliya Dwinanda Fija, Aenul Munawarah, Dian Eka Mayasari, Made Ruci

Abstract


Broken home memiliki dampak yang sangat besar dalam menentukan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak keluarga broken home terhadap motivasi belajar siswa SDN 2 Labuapi, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan peneliti  adalah kualitatif  yang  bersifat  deskriptif. Tujuan utama dari metode penelitian deskriptif adalah untuk menciptakan gambaran situasi yang tidak memihak atau objektif. Langkah-langkah pengumpulan data, klarifikasi,   pengolahan, penarikan  kesimpulan, dan penulisan  laporan  digunakan  untuk  melakukan  penelitian  ini., Berdasarkan penelitian  di  atas  dapat  dikatakan  dampak  dari  keluarga broken  home terhadap motivasi belajar siswa di  SDN 2 Labuapi dapat disimpulkan ada dampak yang dirasakan oleh siswa yang berasal dari keluarga broken home terhadap motivasi belajar di sekolah. Dampak tersebut ada dampak internal dan dampak eksternal. Dampak eskternal yaitu  seperti  suasana  belajar  dirumah yang  membuat  suasana belajar tidak  nyaman  untuk mengerjakan tugas, tidak bisa fokus memperhatikan guru saat mengajar di kelas dikarenakan pikiran  kemana-mana.  Dampak  internal  yang  siswa  alami  mengenai  motivasi  belajar  yaitu tidak  ada  kemauan  sendiri  atau  minat  ingin  belajar,  kurang  aktif  didalam  kelas,  tidak  mau mengerjakan tugas sekolah, sering bolos atau absen tidak datang ke sekolah.

Keywords


Broken home, Motivasi Belajar, Keluarga

Full Text:

PDF

References


Kartini, I. I., Listiawaty, T. N., & Rosita, T. (2019). Gambaran Motivasi Belajar Siswa Yang Mengalami Broken Home. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(1), 9. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.2971

Michael Page, I. (2022). Dampak Keluarga Broken Home terhaadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 10 Tanggerang Selatan Angkatan 2019.

Mu’jizah, D. S. (2019). Motivasi belajar pada anak keluarga broken home di SMK Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(7), 410–417.

Mustofa. (2015). Metode Penelitian dengan NPF dan Roa. Jurnal, 1–9.

Nurnaila, S. A., & Munawaroh, H. (2024). DAMPAK BROKEN HOME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN CAMPUREJO TRETEP TEMANGGUNG ( STUDI FENOMENOLOGI PADA ANAK BROKEN HOME ). 7.

Sari, L. S. P., Oktavianti, I., & Kironoratri, L. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1153–1159. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5010

Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV. Jl.Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung.

Syarbini, A. (2019). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Elex Media Komputindo.

Yulianti, Y., Wahyuningsih, D., Triayunda, L., Aida, E. F., Novita, S. S., & Farhan, M. R. (2023). Dampak Keluarga Broken Home terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Pendidikan Tambusai. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5484




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i2.25018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.