Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa di SMA Labschool Jakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang kurikulum, tujuan, materi, strategi, pendekatan, media, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Labschool Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Creswell, yaitu: mengatur, membaca, mendeskripsikan, mengklasifikasi, menginterpretasi, dan menarasikan data.Hasil penelitian menunjukkan: (a) kurikulum, yaitu menggunakan kurikulum tahun 2013; (b) tujuan, yaitu untuk membentuk karakter, pengetahuan, keterampilan dan sikap bahasa; (c) materi, yaitu materi berbasis teks yang menekankan pada aspek pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan sikap bahasa; (d) Strategi dan Pendekatan yaitu pembelajaran berpusat pada siswa (Student Centered) dengan pendekatan saintifik dan komunikatif; (d) Media yaitu papa tulis, laptop, dan Liquid Crystal Display; dan (e) Evaluasi, yaitumengukur keseluruhan kegiatan pembelajaran yang mencakup proses dan hasil belajar.
Abstract: This study aims to gain an in-depth understanding of the curriculum, goals, materials, strategies, approaches, media, and evaluation of Indonesian language learning at SMA Labschool Jakarta. This research uses a qualitative approach with a phenomenological method. Data collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis using Creswell's model, namely: organizing, reading, describing, classifying, interpreting, and narrating data. The results showed: (a) the curriculum, which used the 2013 curriculum; (b) the purpose, which is to shape character, knowledge, skills and language attitudes; (c) material, namely text-based material that emphasizes aspects of experience, knowledge, skills and language attitudes; (d) Strategy and Approach that is student centered learning with a scientific and communicative approach; (d) Media, i.e. paperback, laptop, and Liquid Crystal Display; and (e) Evaluation, which measures overall learning activities that cover the learning process and outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brown, H. Douglass.2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Pearson Education, Inc.
Freemen-Larsen Diane.2000. Techniques and Principles in Language Teaching. New York: Oxford University Press.
Hamalik Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar.2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Johnson B. Elaine. 2014.Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.
Kuntarto, M. Niknik. 2013. Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir: Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Mata Kulia Pengembangan Kepribadian Berbasi Kompetensi di Perguruan Tinggi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Macalister John and Nation I.S.P..2010. Language Curriculum Design: ESL & Aplplied Linguistics Frofessional Series. New York: Routledge.
Mahsun.2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pranowo.2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Priyatni Endah Tri. 2014. Desain PembelajaranBahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sagala Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya Winan. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kundaru S dan Slamet St. Y. 2012.Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Bandung: Karya Putra Darwati.
Sudjana Nana. 1991. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru.
Sutikno M. Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran: Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Lombok: Holistica Lombok.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.2012. Kurikulum &Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Yamin Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yule George.1996. The Study of Language. Brain: Cambridge University Press.
Creswell John W. 2013.Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwandi & Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rhineka Cipta.
Biklen Sari Knopp and Robert C. Bogdan.1992. Qualitative Research fo Education: An Introduction to Theory and Methods. America: Allyn And Bacon.
Elite Olshtain and Fraida Dubin.1994. Course Design: Cambridge Language Teaching Library. USA: Cambridge University Press.
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v5i2.2630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.