Relasi Semantik Sinonimi Bahasa Sasak di Desa Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Hilmiyatun Hilmiyatun

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang jenis relasi semantik sinonimi bahasa Sasak di Desa Aikmel. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan, menguraikan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang berupajenis relasi semantik sinonimi. Data yang ditampilkan dalam penelitian ini adalah contoh jenis kata sinonimi masyarakat Aikmel yang dikumpulkan dengan metode wawancara denganteknik catat dan introspeksi. Data yang sudah terkumpulkan, dianalisis dengan menggunakan metode padanintralingual dan metode padanekstralingual. Setelah dianalisis, data-data yang bersinonimi tersebut disajikan dalam bentuk formal dan informal. Kata tersebut kemudian dikelompokkan berdasarkan jenis melekatinya menjadi sebuah data yang siap dianalisis. Selanjutnya, data-data tersebut dilekatkan pada konteks kalimat, kemudian dikelompokkan dan diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual. Hasil analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara formal dan informal.Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis relasi semantik sinonimi dalam bahasa Sasak di Desa Aikmel ada empat bagian yaitu: 1) Perangkat sinonimi yang pemakaiannya bergantung pada waktu, 2) Perangkat sinonimi yang salah satu lebih memiliki nilai rasa dari yang lain, 3) Perangkat sinonimi yang pemakaiannya terbatas pada kata-kata tertentu, 4) Perangkat sinonimi yang salah satu lebih umum maknanya dari yang lain.

 

Abstract:This study aims to describe the types of semantic relations in Sasak synonymy in Aikmel Village. This type of research is descriptive qualitative, which explains, describes, analyzes, and interprets data in the form of synonym semantic relations. The data presented in this study is an example of Aikmel's community synonymy type collected by interview method with note taking and introspection techniques. Data that has been collected is analyzed using the intralingual equivalent method and the extralingual equivalent method. After being analyzed, the synonymized data is presented in formal and informal forms. The word is then grouped by type of attachment into a data that is ready to be analyzed. Furthermore, the data is attached to the context of the sentence, then grouped and interpreted into Indonesian. The analytical method used is the intralingual equivalent method and the extralingual equivalent method. The results of data analysis in this study were carried out in formal and informal ways. Based on the results of data analysis, this research can be concluded that the types of synonymic semantic relations in the Sasak language in Aikmel Village there are four parts, namely: 1) Synonymy devices whose use depends on time, 2) Synonymy devices, one of which has more sense value than others, 3) Synonymy devices whose use is limited to certain words, 4) Synonymy devices that have one more general meaning than the other.


Keywords


Relasi semantik, sinonimi

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2001.Semantik Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algenso.

Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta:Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 1994.Linguistik Umum. Jakarta: PTRineka Cipta.

.2002.Pengantar Semantik Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djajasudarman, Fatimah. 1993.Semantik Pengantar ke Arah Ilmu Makna. Bandung:Eresco.

Mahsun. 2005.Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Parera. 2004.Teori Semantik. Jakarta: Erlangga.

Pateda, Mansoer. 2001.Semantik Leksikal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soedjito. 1989.Sinonim. Bandung: Sinar baru.

Verhar J.W.M. 1999.Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah Mada UniversityPress.

Yusuf, Suhendra. 1994.Teori Terjemah: Pengantar ke Arah Pendekatan Linguistik dan Sosiolinguistik. Bandung: Mandar: Maju.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v5i2.2650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.