Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) di MA NW Sepit
Abstract
Abstrak: Problem Based Learning adalah pendekatan pembelajaran yang dimana siswa belajar aktif terlibat dalam memecahkan masalah , Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dengan menggunakan pendekatan tindakan kelas, Penelitian ini dilaksanakan tanggal 30 sampai 30 Agustus 2024 di kelas X semester ganjil (1). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui kegiatan lesson kuantitaif dengan pendekatann tindakan melalui kegiatan lesson studyd dan melibatkan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan guru yang telah menerapkan Problem Base Learning (PBL) dalam konteks pembelajaran mereka. Melalui analisi data, penelitian ini mengungkapkan berbagai kesulitan yang dihadapi oleh para guru, termasuk tantangan dalam merancang sekenario pemebelajaran yang autentik, kebutuhan akan sumber daya yang memadai, serta kendala dalam mengelola dinamika kelas yang kompleks. Hasil penelitian meningkatkan kemampuan belajar siswa pada saat pembelajarn berlangsung melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI, dan ini juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam mengadopsi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sehingga solusi dan cara-caranya lebih dikembangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. (2014). ProblematikaKurikulum 2013 dan Kepemimpinan Intruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan, 8(2012), 98–108.
Astri, A., Harjono, A., Jaelani, A. K., & Karma, I. N. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 175.
Correnti, S. (2016). The « PBL WORKING ENVIRONMENT » as trabajo PBL » : un sistema. 3, 3–11.
Crespí, P., García-Ramos, J. M., & Queiruga-Dios, M. (2022). Project-Based Learning (PBL) and Its Impact on the Development of Interpersonal Competences in Higher Education. Journal of New Approaches in Educational Research, 11(2), 259–276. https://doi.org/10.7821/naer.2022.7.993
Ekasari, A., Diantoro, M., & . P. (2023). The Ability of Problem-based Learning (PBL) to Improve Problem-solving Skills on Heat Topic Among High School Students. KnE Social Sciences, 202, 293–299. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13454
Erik Sutradara, E. S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Proses Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 29 Rantau Batu Pasar Punggasan Pessisir Selatan. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(No 9), 140. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i1.10338
Fogarty, R. (1997). Problem-Based Learning and Other Curriculum Models for the Multiple Intelligences Classroom. Guides - Classroom - Teacher.
Hoy, S., Helgadóttir, B., & Norman, Å. (2022). Quantitative Measurements for Factors Influencing Implementation in School Settings: Protocol for A Systematic Review and A Psychometric and Pragmatic Analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(19). https://doi.org/10.3390/ijerph191912726
James W, Elston D, T. J. et al. (20 C.E.). 済無No Title No Title No Title. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 3(4), 262–267.
Janah, M., & Dimas, A. (2021). Kesulitan Guru SMP Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 420–426. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.295
Jayadiputra, E., Karim, A. A., Sapriya, S., & Rahmat, R. (2023). The Pancasila and Civic Education curriculum model at 21st century. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 20(1), 65–74. https://doi.org/10.21831/jc.v20i1.49455
Mansur, A. F. U., & Alves, A. C. (2018). The importance of peer assessment & self-assessment in PBL applied to an administration course. Revista Ibero-Americana de Estudos Em Educação, 13(esp1), 451–467. https://doi.org/10.21723/riaee.nesp1.v13.2018.10347
Nurlaelah. (2023). Problem-Based Learning Method for Improving the Learning Achievement of Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 447–457. https://doi.org/10.51276/edu.v4i2.330
Resnawati, R., Sumarmo, U., & Kustiana, A. (2020). The Role of Problem Solving Approach on Improving Students’ Communication Ability and Self Efficacy. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 3(3), 158–168. https://doi.org/10.22460/jiml.v3i3.p158-168
Riski Karlina & Wirdati. (2023). A s - S A B I Q U N. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(No 3), 738–751.
Ruiz Cerrillo, S. (2017). Sistema de evaluación eAprendizaje Basado en Problemas (ABP) de estudiantes de nutrición. Voces de La Educación, 2(4), 157–163. https://www.revista.vocesdelaeducacion.com.mx/index.php/voces/article/view/74
Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan Pembelajaran Abad-21 Di Sekolah Dasar Dalam Mencapai Target Dan Tujuan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493
Van Barneveld, A., & Strobel, J. (2015). Implementation of PBL in Engineering Education: Conceptualization and Management of Tensions. Proceedings of the Canadian Engineering Education Association (CEEA), 1–5. https://doi.org/10.24908/pceea.v0i0.5790
Winata, A., Mayasari, D., & Muttaqin, Z. (2023). Peningkatan Kemampuan Belajar pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Melalui Metode Kooperatif. Jurnal Ilmiah Telaah, 8(1), 37. https://doi.org/10.31764/telaah.v8i1.13364
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i1.27279
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.