Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Gubuk Makam Lombok Tengah

kadek Listya Widhyastuti, Muhammad Isro' Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini membahas implementasi pendidikan inklusi di SD Negeri Gubuk Makam, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini telah menerapkan program pembiasaan bernama GASPUL MENU OLAH-OLAH, yang mencakup olahraga, olah rasa, olah pikir, dan olah hati. Program ini membantu siswa berkebutuhan khusus (ABK) berintegrasi dengan siswa lainnya dalam pembelajaran reguler. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya data spesifik mengenai ABK dan minimnya pelatihan guru dalam pendidikan inklusi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, kerja sama dengan orang tua, dan dukungan lintas sektor untuk memperkuat pelaksanaan pendidikan inklusi di masa mendatang.


Keywords


Pendidikan Inklusi

Full Text:

PDF

References


Buku

Harfiani, R. (2021). Manajemen Program Pendidikan Inklusif: Studi Analisis Raudhatul Athfal (H. R. Setiawan (ed.); 1st ed.). UMSU Press.

Rahayu, D. (2018). Manajemen pendidikan inklusif: Teori dan praktik di sekolah dasar. Bandung: Alfabeta.

Jurnal

Amasya, P. A., Thaharah, A., Amelia, R., & Widiarti, Y. (2023). Strategi Guru dalam Menangani Anak yang Mengalami Kelainan Lamban Belajar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 49.

Hanifah, D., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. JPMM: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 473–483.

Jannah, A. M., Setiyowati, A., Lathif, K. H., Devi, N. D., & Akhmad, F. (2021). Model Layanan Pendidikan Inklusif di Indonesia. ANWARUL: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1, 121–136. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul

Kesti Anggreani, Nur Ahsana Tafsira, Trisna Febriyani, & Elsha Syafitri. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Tantangan dan Strategi Efektif. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 199–204. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.355

Mufidah, Y, Affandi, LH, & Ermiana, I (2021). Identifikasi Tantangan Yang Dihadapi Guru Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Negeri 1 Gemel Dan Sekolah Dasar Negeri Batutulis. Renjana Pendidikan Dasar, prospek.unram.ac.id, http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/61

Pitaloka, A. A. P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). KonsepDasar Anak Berkebutuhan Khusus. MASALIQ: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 26–42. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq

Ramadanti, F. R., & Wicaksono, H. (2021). Model Pendidikan Inklusi dan Respon Orang Tua dalam Implementasi Sekolah Inklusif di MI Keji Ungaran Barat, Semarang. SOLIDARITY, 10(1), 23–37. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity

Susilowati, T., Trisnamansyah, S., & Syaodih, C. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIPP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 920–928. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Widodo, A., Dewi, N. K., Hidayati, V. R., & Sriwarthini, N. L. P. N. (2020). Pelatihan Terapi Sensori Integrasi Level Basic untuk Guru Madrasah Inklusi di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 67–78.

Artikel/Modul/Diktat

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum BPK RI. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002tentang Perlindungan Anak. Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara Badan Pemeriksa Keuangan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38723/uu-no-35-tahun-2014




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i1.28791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.