Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Mataram
Abstract
Model pembelajaran Problem Based Learning salah satu model yang melibatkan keaktifan peserta didik selalu berpikir kritis dan keterampil dalam menyelesaikan permasalahan, dan memberikan pengalaman kepada peserta didik, untuk terlibat langsung dengan dunia nyata serta dapat menyelesaikan permasalahan di dalam kehidupan nyata, yang tentunya model ini sangat penting untuk di jadikan rujukan ilmu dalam berkehidupan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas suatu pengamatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan menghadirkan suatu kerjasama dengan pihak seperti atasan, teman sejawat, atau guru dengan penelitin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang dianalisis adalah aktivitas guru dan peserta didik serta hasil tes. Hasil penelitian ini yakni peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model Problem Based Learning. Nilai rata-rata peserta didik yang diperoleh, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 65,23 dengan persentase ketuntasan 60%, lalu siklus II nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi sebesar 76,15 dengan persentase ketuntasan 70% meskipun telah memenuhi standar ketuntasan peneliti melanjutkan penelitian ke siklus III nilai rata-rata peserta didik semakin meningkat sebesar 85,15 dengan persentase ketuntasan 88%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental research dalam penelitian pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511.
Ariyati, I., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Rahasia Sukses Meningkatkan Motivasi dan Keahlian Siswa dalam Menulis Recount Text dengan Media Mading serta Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL). Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7(1), 65–77.
Awaliah, I. R., Nurfauziah, A., Fauzan, F. A., & Mahfudin, D. (2023). Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Suatu Kajian Lteratur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 1–10.
Berliana, A., Budiman, S., & Riniwati, R. (2023). Implementasi Etika Mengajar Wali Peserta Didik Dalam Mendidik Karakter Anak SMP Usia 13-15 Tahun. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(1), 76– 92.
Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). HIGHER EDUCATION RESEARCH METHODOLOGY: A Step-by-Step Guide to the Research Process. Higher Education Research Methodology: A Step-by-Step Guide to the Research Process, 1–140. https://doi.org/10.4324/9781315149783
Ermiati, L., Zuhriawan, M. Q., & Roziqin, M. K. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMPN 2 SUMOBITO. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(2), 569–579.
Finamore, P. da S., Kós, R. S., Corrêa, J. C. F., D, Collange Grecco, L. A., De Freitas, T. B., Satie, J., Bagne, E., Oliveira, C. S. C. S., De Souza, D. R., Rezende, F. L., Duarte, N. de A. C. A. C. D. A. C., Grecco, L. A. C. A. C., Oliveira, C. S. C. S., Batista, K. G., Lopes, P. de O. B., Serradilha, S. M., Souza, G. A. F. de, Bella, G. P., … Dodson, J. (2021). No Titleامين. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021.
Hakim, L. N. (t.t.). Model Pembelajaran Problem-based Learning (PBL) dalam Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(6), 1311–1316.
Idris, M., Fitri, L., & Hidayat, A. F. S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VI MIN 1 Kutai Kartanegara. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 161–172.
Daftar.
Nasution, A. J., Ziliwu, S., Akhiriani, W., & Waina, A. (2023). Penguatan Moral Melalui Pembelajaran PPKN di MIS Al-Afkari Kabupaten Deli Serdang. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 151–159.
Netriwati, N., Lena, M. S., Rahim, Z., & Tricia, A. (2023). Praktik Observasi Sekolah.
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i2.30124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.