Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII (Sebuah Kajian Kualitas)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks yang diterbitkan oleh pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk mengetahui kualitas isi, kualitas bahasa, kualitas penyajian dan kualitas rancangan buku. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa, buku teks pemerintah masih ada yang tidak menggunakan syarat yang telah disebutkan dalam syarat buku teks. Pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTsKurikulum 2013 edisi revisi 2017 dilihat dari kualitas isi dengan kategori kesesuain isi dengan KI dan KD persentase 100% skor 3, keaktualan materi persentase 100% skor 3, keakuratan materi persentase 70% skor 2. Kualitas bahasa dengan kategori ketepatan penggunaan ejaan 66,7% skor 2, kesesuaian perkembangan peserta didik persentase 100% skor 3, kelugasan 100% skor 3. Kualitas penyajian kategori pembangkit motivasi belajar siswa persentase 100% skor 3,ada tidaknya soal latihan pada setiap bab persentase 100% skor 3, glosarium indeks persentase 100% skor 3. Kualitas rancangan buku kategori ukuran buku persentase 100% skor 3, ukuran, jenis dan format persentase 100% skor 3, dan penggunaan ilustrasi persentase 94,11% skor 3. Secara keseluruhan nilai untuk buku teks pemerintah skor 34.
Abstract: This study aims to determine the quality of textbooks published by the government. This study used a qualitative descriptive method, to determine the quality of the content, the quality of the language, the quality of the presentation and the quality of the book design. The results of this study state that there are still government textbooks that do not use the conditions mentioned in the textbook requirements. In the Indonesian language textbook Class VIII SMP / MTs Curriculum 2013 revised edition 2017 seen from the quality of the content with the category of content conformity with KI and KD percentage 100% score 3, quality material percentage 100% score 3, accuracy of material percentage 70% score 2. Language quality with the category of accuracy in using spelling 66.7% score 2, the suitability of student development percentage 100% score 3, straightforwardness 100% score 3.The quality of presentation in the category of generating student learning motivation percentage 100% score 3, whether or not there are practice questions in each chapter percentage 100 % score 3, glossary index percentage 100% score 3. Quality of book design category book size percentage 100% score 3, size, type and format percentage 100% score 3, and use of illustration percentage 94.11% score 3. Overall score for government textbooks score 34.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, ES. 2011. Materi Ajar BTBI.Lampung: Universitas Lampung.
Firdaus, A. 2014.Analisis Kelayakan Isi Buku Teks bahasa Indonesia terbitan Erlangga Kelas VII SMP/MTs.Diambil tanggal 21 Oktober 2019 dari jurnal FKIP.UNILA.ac.id.
Latifah, L. 2018. Analisis kelayakan penyajian buku teks bahasa Indonesia ekspresi diri dan akademik SMA/SMK kelas X Revisi 2014. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiah Surakarta: Surakarta.
Marhijanto, B. 1999.Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini.Surabaya: Terbit Terang.
Nisja, I. 2016. Kesesuaian Buku Teks Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas X Dengan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia V4.i1(162-172). Diambil tanggal 21 Oktober 2019 dari https://doi.org/10.22202/JG.2018.V4il.734.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No.2 tahun 2008 pasal 1 http://pgsdnernagi.blogspot.co.id/2014/01/penelitian-komporatif.html(diakses 21 Oktober 2019)
Ruhimat, dkk.2011. Kurikulum dan Pembelajaran.Bandung: Rajawali Pers.
Sitepu. 2015. Penulisan Buku Teks Pelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, HG., Tarigan, Dj. 2009. Telaah Buku Teks bahasa Indonesia. Bandung:Angkasa Bandung.
Uswatun. 2014. Kamus Bahasa Indonesia lengkap: untuk SD, SMP, SMA, dan Umum.Jagakarsa: Kimberly.
Wahyuni, Ni Made W. 2010. Penggunaan Tes Cloze untuk Mengukur Keterbacaan Teks dalam Buku Teks bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 2 di Desa Wanagiri-tabanan.Singaraja: Undiksha.
Yuanti, IR. 2016. Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMA/MA Kelas XI: Studi Kompararasi Terbitan Pemernitah dan Swasta.Skrpsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Bhasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Mataram: Mataram.
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v6i1.3867
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.