Nilai Moral dalam Novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye dan Implementasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai moral dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye dan Implementasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek data dalam penelitian ini adalah novel Selamat Tinggal karya Tere Liye. Fokus penelitian ini tentang nilai moral. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik pustaka dan catat. Teknik analisis data yaitu teknik content analisis (analisis isi). Teknik penyajian hasil analisis data berupa teknik informal. Adapun hasil penelitian ini yaitu nilai moral yang terdapat dalam novel sebagai berikut; (a) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi rasa syukur dan berakhlak, (b) hubungan manusia dengan manusia yaitu menasihati, kepedulian, berterima kasih, penyesalan, tanggung jawab, mengakui kesalahan, memuji, tolong menolong, menghormati, dan menpati janji, (c) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi percaya diri, berjanji, mengakui kesalahan dan kesepian. Implementasinya dalam pembelajaran Sastra memiliki beberapa tahap perencanaan yaitu, perencaan awal, inti dan akhir yang disesuaikan dengan kopetensi dasar, kopetensi inti dan indikator.
Abstract: The moral value in this literature often no write directly to share, but from the immoral character. Literature can be call as art to be the media for teaching and giving direction. The purpose of the research to know that moral value in the novel Goodbye, by Tere Liye as the writer then the implementation in learning literature in senior high school. The method of the research that use is descriptif qualitatif method, data for the research is novel Goodbye by Tere Liye and than the research about the moral value, the technique to collect the data is library technique and write. After that the technique to analize data is analize the content. The technique to serve the result of analize the dat is informal technique. Therefor the result of the research is about moral value, that is: (a) The connection between human and god includes gracefull and attitude. (b) The connection between human anf human includes giving advice, care, gratefull, regret, responsibility,fault,praises, help each other, respect and keep promise. (c) The connection between human and self include confident, promise and lonely. The implementation learning literature have some step, that is : beginining, main and the last, it make appropriate with base of competience, main competience and indicator.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran. 2019. Apa ituPembelajaran?https://unida.ac.id/pembelajaran/artikel/apa-itu-pembelajaran.html
Kanzunnudin, M. 2012. Peranan Sastra dalam Pendidikan Karakter. Prosiding Semninar Nasional Pendidikan Pendidikan Untuk Kejayaan Bangsa, 195-204.
Kurniadi, A. T., 2019. Analisis Nilai Moral dan Nilai Sosial dalam Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye dan Implementasinya. Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Noor, Rohimah. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Ar- Razz Media
Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode dan Teknk Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rosyanti, S. 2017. Nilai Moral dalam Novel Surat Kecil Karya Agnes Davonar. Jurnal Diksatrasia Vol 1 No 2 hlm 182-190.
Sudaryanto. 2015.. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa.Yogyakarta: Duta Wacana University
Wibowo, Y.D. 2014. Analisis Nilai-Nilai Moral Novel Ramayana Karya Sunardi D.M. dan Impementasi Pembelajarannya di SMA. Jurnal Surya Bahtera Vol. 2 No 12
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v6i2.6188
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.