Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Ana Nurhasanah, Reksa Adya Pribadi, Fitri Ismawati

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: blended learning; keuntungan dari blended learning di abad ke-21; penerapan pembelajaran campuran di dalam kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap blended learning untuk motivasi dan pemahaman konsep belajar siswa di sekolah dasar. Masih kurangnya penelitian tentang blended learning terhadap motivasi belajar siswa; Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk dilakukan. Hasil penelitian dapat digambarkan sebagai berikut: Pertama, blended learning adalah model pembelajaran yang menggabungkan sisi positif dari mode tradisional seperti model tatap muka dengan peningkatan penggunaan teknologi untuk mempertahankan, meningkatkan, dan melibatkan siswa. motivasi dan keterlibatan sebagai bintang baru dalam proses belajar mengajar. Kedua, blended learning meningkatkan akses pembelajaran ke materi dan kegiatan pembelajaran, dan dapat mendukung dan meningkatkan peran guru, pengalaman siswa dan lingkungan sosial. Ketiga, ada empat langkah utama dalam mengimplementasikan blended learning, yaitu merencanakan, merancang dan mengembangkan unsur-unsur blended learning, melaksanakan, meninjau dan mengevaluasi desain.

Abstrac:This study aims to reveal: blended learning; the advantages of blended learning in the 21st century; application of mixed learning in the classroom. This is a type of qualitative research that aims to reveal blended learning for motivation and understanding of student learning concepts in elementary schools. There is still a lack of research on blended learning on student motivation; Therefore, this research is important to do. The results of the study can be described as follows: First, blended learning is a learning model that combines the positive sides of traditional modes such as face-to-face models with the increased use of technology to maintain, enhance, and engage students' motivation and involvement as the new star of the teaching and learning process. Second, blended learning improves learning access to learning materials and activities, and can support and enhance the role of teachers, student experiences and the social environment. Third, there are four main steps in implementing blended learning, namely planning, designing and developing elements of blended learning, implementing, reviewing and evaluating the design.


Keywords


Blended Learning Motivasi Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Abroto, A., Maemonah, M., &Ayu, N. P. (2021). PengaruhMetode Blended Learning DalamMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaSekolahDasar. Edukatif: JurnalIlmuPendidikan, 3(5), 1993-2000.

Arifin, M., &Abduh, M. (2021). PeningkatanMotivasiBelajar Model Pembelajaran Blended Learning. JurnalBasicedu, 5(4), 2339-2347

Aritantia, Y., Muslim, S., Wibowo, T. W., Rijanto, T., &Cholik, M. (2021). KajianLiteraturSistematis Blended Learning dalamMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswa SMK. JINOTEP (JurnalInovasidanTeknologiPembelajaran): KajiandanRisetDalamTeknologiPembelajaran, 8(2), 178-185.

Astuti, P., &Febrian, F. (2019). Blended learning syarah: bagaimanapenerapandanpersepsimahasiswa. Jurnalgantang, 4(2), 111-119.

Azis, Y. M. (2013). The effectiveness of blended learning, prior knowledge to the understanding concept in economics. Educational Research International, 2(2), 106-116.

Bibi, S., &Jati, H. (2015). Efektivitas model blended learning terhadapmotivasidantingkatpemahamanmahasiswamatakuliahalgoritmadanpemrograman. JurnalPendidikanVokasi, 5(1), 74-87.

Fitri, E., Ifdil, I., &Neviyarni, S. (2016). Efektivitaslayananinformasidenganmenggunakanmetode blended learning untukmeningkatkanmotivasibelajar. JurnalPsikologiPendidikandanKonseling: JurnalKajianPsikologiPendidikandanBimbinganKonseling, 2(2), 84-92.

Herbert, Riza, L. S, and Mukmin, A. (2011). PenerapanJaringanSarafTiruanBackpropagationUntukPeramalan Curah Hujan. TeknologiInformasidanKomunikasi, 1(1), 1-5. DOI: ……

Herlina, R., &Sibarani, C. G. G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning UntukMeningkatkanMotivasi Dan HasilBelajarAkuntansi. JurnalTeknologiInformasi&KomunikasidalamPendidikan, 3(2).

Jumaini, J., Hertin, H. H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). PenerapanMetodePembelajaran Blended Learning dalamMeningkatkanPemahamanKonsepHasilBelajarSiswa: Sebuah Meta-Analisis. Al Khawarizmi: JurnalPendidikandanPembelajaranMatematika, 5(1), 48-63.

Kenney, J., &Newcombe, E. (2011). Adopting a blended learning approach: Challenges encountered and lessons learned in an action research study. Journal of Asynchronous Learning Networks, 15(1), 45-57.

Lothridge, K., Fox, J., &Fynan, E. (2013). Blended learning: efficient, timely and cost effective. Australian Journal of Forensic Sciences, 45(4), 407-416.

Manggabarani, A. F., Sugiarti, S., &Masri, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadapmotivasidanhasilbelajarsiswakelas X SMA Negeri 1 PitumpanuaKab. Wajo (studipadamateripokoksistemperiodikunsur). Chemica: JurnalIlmiah Kimia danPendidikan Kimia, 17(2), 83-93.

Nugraha, D. G. A. P., Astawa, I. W. P., &Ardana, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadappemahamankonsepdankelancaranprosedurmatematis. JurnalRisetPendidikanMatematika, 6(1), 75-86.

Pujiastuti, H., &Haryadi, R. (2020). The Use of Augmented Reality Blended Learning for Improving Understanding of Food Security. JurnalPendidikan IPA Indonesia, 9(1), 59-69.

Rachman, A., Sukrawan, Y., &Rohendi, D. (2019). Penerapan Model Blended Learning dalamPeningkatanHasilBelajarMenggambarObjek 2 Dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145-152.

Subagiyo, S. (2019). Penerapan Model Blended Learning UntukMeningkatkanPemahamanKonsepTermokimiaSiswa. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(1), 1-8.

Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadapmotivasidanprestasibelajarsiswa SMK. Jurnalpendidikanvokasi, 2(2).

Wijanayu, A., Hardyanto, W., &Isnaeni, W. (2018). Blended learning method based on quipper school to improve concepts understanding and independence learning. Journal of primary education, 7(1), 88-95.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.