Pengaruh Fundamnental Mikro Ekonomi Terhadap Harga Saham Pada Kelompok Jakarta Islamic Index

Lalu Ahmad Ramadani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh fundamendal mikroekonomi yang diproksikan rasio keuangan terhadap harga saham pada kelompok Jakarta Islamic Index (JII). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang konsisten tergabung dalam JII periode 2011-2015 dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham syariah pada kelompok JII yaitu rasio pasar yang diproksikan EPS, rasio leverage yang diproksikan DAR dan rasio aktivias yang diproksikan TATO, sedangkan rasio profitabilitas yang diproksikan ROA dan rasio likuiditas yang diproksikan CR secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham syariah pada JII. Namun, berpengaruh secara simultan. Hal ini mengindikasikan ketiga proksitas yang berpengaruh positif memiliki hubungan terhadap permasalahan agensi yaitu antara prinsiple (pemilik saham) dengan agent (manajemen).

Keywords


saham Syariah, JII dan agency theory

Full Text:

PDF

References


Dwialesi, Juanita Bias dan Ni Putu Ayu Darmayanti. "Pengaruh Faktor-faktor Fundamental terhadap Return Saham Indeks Kompas 100." E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 5. No. 4. 2016.

Mais, Rimi Gusliana. “Pengaruh Rasio-rasio Keuangan Utama Perusahaan terhadap Harga Saham Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2004”, Jurnal Ekonomi, Vol. 14, No. 3, Juli 2005.

Pratama, Aditya dan Teguh Erawati. "Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return on Equity, Net Profit Margin dan Earning per Share terhadap Harga Saham (Study Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011)." Jurnal Akuntansi. Vol. 2. No.1. 2016.

Hendrarini, Hamidah dan dan Nurjanti Takarini. "Rasio Keuangan dan Pengaruhnya terhadap Harga Saham Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index." Journal of Business & Banking Vol. 1, No. 2. 2011.

Safitri, Abied Luthfi. "Pengaruh Earning per Share, Price Earning Ratio, Return on Asset, Debt to Equity Ratio dan Market Value Added terhadap Harga Saham dalam Kelompok Jakarta Islamic Index." Management Analysis Journal, Vol. 2. No. 2. 2013.

Suselo, Dedi, Atim Djazuli dan Nur Khusniyah Indrawati. "Pengaruh Variabel Fundamental dan Makro Ekonomi terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan yang Masuk dalam Indeks LQ45)." Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 13. No. 1, 2015.

Zaenal Arifin, Teori Keuangan dan Pasar Modal, Yogyakarta: Ekonisisa. 2007.

Aditya Pratama dan Teguh Erawati. 2014. Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Net Profit Margin Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham (Study Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011) Jurnal Akuntansi: Vol. 2 No.1 Juni 2014.

Suselo, Dedi, Djazuli, Atim, dan Indrawati, Nur Khusniyah, “Pengaruh Variabel Fundamental dan Makro Ekonomi terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan yang Masuk dalam Indeks LQ45)” Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 13, No. 1, 2015.

Ayu Amanda, I Gusti, Yulita Asri dan Ketut Suwarta. “Faktor Fundamental dan Ekonomi Makro Pada Return Saham Perusahaan Consumer Good Tahun 2008-2011”, e-Journal Akuntansi Universitas Udayana (8)(3). 2014.

Abigael K, Ika Veronika dan Ika S, Ardiani. 2008. “Pengaruh Return on Asset, Price Earning Ratio, Earning per Share, Debt to Equity Ratio, Price to Book Value terhadap Harga Saham Manufaktur di BEI”. Jurnal Solusi. Vol.7. No.4.




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v2i1.5366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: