PELATIHAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK DOSEN-DOSEN UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB BANJARMASIN

Hamdan Husein Batubara

Abstract


Abstrak: Penggunaan e-learning diyakini dapat mengatasi keterbatasan perkuliahan di kelas dan  menyediakan  layanan belajar yang dapat diakses darimana saja dan kapan saja. Kebijakan penggunaan  e-learning  di Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin masih tergolong baru dan  sebagian besar dosen belum mengerti cara menggunakannya.  Oleh karena itu, kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dosen dalam menggunakan  e-learning.  Pelatihan  ini dilaksanakan  selama dua hari  di  Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin dengan melibatkan dosen-dosen dari perwakilan program studi. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk  simulasi, latihan,  dan pemecahan masalah. Materi  pelatihan  adalah pedoman penggunaan  e-learning  berbasis Moodle untuk dosen, yang  terdiri dari pengaturan mata kuliah,  penambahan sumber belajar, membuat grup, memantau progress belajar  mahasiswa, dan penggunaan fitur  forum,  chatting,  penugasan, kuis, dan  laporan nilai.  Kegiatan pelatihan dapat dikatakan berhasil berdasarkan kemampuan peserta dalam memperagakan materi dan dibuktikan dengan hasil karya mereka pada laman  e-learning.  Peserta merasa  pelatihan  ini penting karena  dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola pembelajaran melalui e-learning.

Kata Kunci: Pelatihan, E-Learning, Moodle, Perguruan Tinggi

Abstract:  The use of e-learning is believed to overcome the limitations of teaching in the classroom and provide learning services that can be accessed from anywhere and anytime. The policy of using e-learning at the Islamic University of Kalimantan MAB Banjarmasin  is still relatively new and most of the lecturers do not understand how to use it. Therefore, this training is expected to improve lecturers' skills in using e-learning.  The training was held for two days  at the Islamic University of Kalimantan MAB Banjarmasin involving lecturers from representatives of the department. Activities are carried out in the form of simulations, exercises, and problem solving.  Training materials are Moodle-based e-learning guidelines for lecturers, consisting of setting course, adding learning resources, creating groups, monitoring student progress, and using forum features, chats, assignments, quizzes and  grader report.  Training activities can be said to be successful based on participants' ability to demonstrate the material and  be proven by their work on the e-learning page. Participants feel this training is important because it can improve their skills in managing learning through e -learning.

Keywords: Training, E-Learning, Moodle, College


Keywords


Pelatihan, E-Learning, Moodle, Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Situs E-Learning dengan Moodle Versi 3.1 sebagai Media Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Guru

Madrasah Ibtidaiyah. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9 (1), 1-10. doi:10.14421/jpdi.2017.0901-01

Darmawan, D. (2016). Pengembangan E-learning: Teori dan Desain. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh dan E-Learning di Indonesia, Kemenristek Dikti, Jakarta, 2016.

Marikar, F. M. (2016). Effectiveness of MOODLE in Education System in Sri Lankan University. International Journal of Modern Education and Computer Science, 8 (2), 54.

Martín-Blas, T. &.-F. (2009). The role of new technologies in the learning process: Moodle as a teaching tool in Physics. Computers & Education, 52(1), 35-44.

Ridwan, M. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi Mata Pelajaran Fiqih Di Smk Ypm 3 Taman Sidoarjo, Disertasi Doktor, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Yazdi, M. (2012, May). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. In FORISTEK: Forum Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Vol. 2, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCES | FKIP UM Mataram | e-ISSN 2614-3666 | Contact: 087864003847 | email: [email protected]

 

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JCES | Current Indexing