PENDIDIKAN DAN LATIHAN PENGUATAN DIMENSI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DI KOTA MATARAM

Maemunah Maemunah, Sri Maryani, Abdul Sakban, Syaharuddin Syaharuddin, Agus Herianto, Irma Setiawan

Abstract


Abstrak: Kepala Sekolah memegang peranan penting dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya. Oleh sebab itu, pemerintah telah melakukan terobosan baru guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme kepala sekolah melalui penguatan kepala sekolah dengan melibatkan lembaga penyelenggara diklat baik dari perguruan tinggi, pemerintah, maupun lembaga terkait lainnya. Kegiatan diklat dilakukan dengan metode diskusi kelompok berbasis lembar kerja yang harus dituntaskan oleh para peserta dengan menilai aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hasil penilaian kinerja penyelenggaraan rata-rata sebesar 3,80, dengan nilai rata-rata sebesar 3,80, dan (4) evaluasi terhadap narasumber dan tengajar, dengan nilai rata rata sebesar 3,98.

Kata Kunci: Kepala Sekolah; Peningkatan Profesionalisme; Diklat Penguatan.

Abstract:  The headmaster played an important role in managing the school he led. Therefore, the Government has made a new breakthrough to improve the ability and professionalism of the headmaster through the strengthening of the school principal by involving training institutions from universities, governments, and institutions other related. Training activities are conducted by a method of discussion of worksheet-based groups that must be completed by the participants by assessing aspects of knowledge, attitudes, and skills. The results of the average maintenance performance assessment of 3.80, with an average value of 3.80, and (4) evaluation of the resource and center, with a average value of 3.98.

Keywords: Headmaster; Increased professionalism; Training.

Keywords


Kepala Sekolah; Peningkatan Profesionalisme; Diklat Penguatan.

Full Text:

PDF

References


Ismail, F. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kcalitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, 2(2). https://doi.org/10.30984/jpii.v2i2.541

Januarti, N. E. (2013). Integrasi Organisasi Masyarakat Sipil (Civil Social Organization) di Lingkungan Sekolah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1). https://doi.org/10.21831/SOCIA.V10I1.5342

Liswiana, D., Nurkolis, N., & Abdullah, G. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sd Islam Al Azhar 25 Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 7(3). https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3148

Mansyur, M. H. (2018). Penguatan Manajemen Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2), 354–367.

Mohammady, Z. A. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Budaya Organisasi. Muslim Heritage, 2(2), 407. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1118

Rahmah, S. (2018). Pengawas Sekolah Penentu Kualitas Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.378

Rifqi, A. (2016). Peran kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah mandiri. Prosiding Seminar Nasional, 169=179.

Rohmad, H. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Eksistensi SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 167. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3324

Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan Multikultural : Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0. UNWAHA Jombang, 1(September), 44–50.

Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidiikan (JDMP).




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

JCES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE: