PROGRAM DISEMINASI HASIL PENELITIAN SERTA PENDAMPINGAN PENELITIAN DOSEN PEMULA SE-KALIMANTAN SELATAN

Husin Husin, Syahabuddin Nur

Abstract


Abstrak: Tujuan program diseminasi hasil penelitian ini adalah untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) RAKHA Amuntai bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin. Selain itu program dilakukan untuk mendampingi rencana penelitian-penelitian dosen yang ada di Kalimantan Selatan, khususnya bagi dosen-dosen pemula. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan Higher Order Thinking Skills. Kegiatan dilaksanakan selama 1 (satu) hari dengan skema 2 (dua) sesi yaitu sesi diseminasi dan sesi selanjutnya diisi dengan diskusi rancangan penelitian dosen. Narasumber berasal dari dosen STIQ RAKHA Amuntai dan UIN Antasari Banjarmasin. Hasil kegiatan ditunjukkan dengan terlaksananya diseminasi hasil penelitian dosen serta terkumpulnya 12 (dua belas) rancangan penelitian dosen pemula yang akan terus mendapatkan pendampingan pelaksanaan penelitiannya sampai penelitian selesai dan terpublish di berbagai jurnal.

Abstract: The aim of the dissemination program is to disseminate the results of research conducted by lecturers in the RAKHA Amuntai School of Alquran Science (STIQ) in collaboration with Antasari Banjarmasin State Islamic University (UIN). In addition, the program is conducted to accompany the research plans of lecturers in South Kalimantan, especially for novice lecturers. The method of implementing the activity uses Higher Order Thinking Skills. The activity was carried out for 1 (one) day with a scheme of 2 (two) sessions, namely a dissemination session and the next session filled with discussion of lecturer research designs. The speakers came from STIQ RAKHA Amuntai and UIN Antasari Banjarmasin lecturers. The results of the activity are shown by the dissemination of the results of lecturers' research and the gathering of 12 (twelve) research designs for beginner lecturers who will continue to receive assistance in conducting their research until the research is completed and published in various journals.


Keywords


Diseminasi, Penelitian, Dosen Pemula.

Full Text:

PDF

References


Alwiyah, A., Tahir, I. M., & Sayyida, S. (2016). Persepsi Dosen Terhadap Penelitian. Prosiding Univeritas Wiraraja.

Fitriani, L. Y., Suryaningsum, S., Sutoyo, S., Sujatmika, S., Winarti, A. S., Artaningtyas, W. D., … Kussujaniatun, S. (2016). Tata Kelola Ekonomi Indonesia Dalam Masyarakat Ekonomi Asean dan Meningkatkan Martabat Bangsa Berbasis Sumber Daya Energi dan Memperkokoh Sinergi Penelitian Antar Pemerintah, Industri & Perguruan Tinggi (Soshum).

Ginanjar, A. (2018). Peningkatan Mutu Karya Tulis Dosen FIS Dengan Menggunakan Reference Manager Software Mendeley. Harmony, 3(2), 199–203.

Kusnan, K. (2018). Kebijakan Mutu Peningkatan Dosen. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2).

Noor, I. H. M. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285–297.

Novita, R. (2018). Pengembangan Kompetensi Profesional Dosen Berbasis Knowledge Management System. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri, 129–136.

Nurdiansyah, A. S. (2016). Profesionalisme Guru Dan Tantangan Kedepan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Global. Malang: Jurnal Universitas Negeri Malang.

Rahayu, Y. (2013). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Dosen Tidak Tetap/Luar Biasa di Perguruan Tinggi Swasta Kota Sukabumi. SNIT 2013, 1(1), 65–77.

Satori, D., & Suryana, A. (2013). Peningkatan Kualitas Kerja Melalui Pola Pembinaan (Capacity Building) Dosen Muda Pada Program Studi Administrasi Pendidikan SPS UPI. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 28–41.

Yohanita, P. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Di Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata. Ecodunamika, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

JCES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE: