PENERAPAN TEKNOLOGI TOKO ONLINE UNTUK PEMASARAN PRODUK BAGI IBU-IBU AISYIYAH GUNUNG KIDUL

Gita Indah Budiarti, Murein Miksa Mardhia, Ahmad Azhari

Abstract


Abstrak: Pemasaran dan promosi merupakan hal terpenting bagi penjualan produk. Ibu-ibu Aisyiyah Gunung Kidul (mitra) memiliki produk, salah satunya makanan ringan dari mokaf. Perlu adanya inovasi pada pemasaran untuk meningkatkan penjualan mitra. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat toko online bagi mitra kemudian melatih mitra untuk menggunakannya. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini mitra mampu menggunakan website dan aplikasi dengan baik. Mitra yang dapat menunggah produknya sebesar 63%. Mitra sangat antusias pada pelatihan ini, dan berharap ada tindak lanjut dari kegiatan ini.

Abstract: Marketing and promotion are the most important things for product sales. Aisyiyah Gunung Kidul mothers (partners) have products, one of which is snacks from the mokaf. There needs to be innovation in marketing to increase partner sales. This activity aims to create an online shop for partners and then train partners to use it. The method used is training and evaluation. The results of this activity partners are able to use the website and application well. Partners who can upload their products by 63%. Partners are very enthusiastic about this training, and hope that there will be a follow-up to this activity.


Keywords


Pemasaran Online, Mokaf, Pelatihan, Teknologi.

Full Text:

PDF

References


Widiyanto,I, Prasilowati, S. (2015). Perilaku pembelian melalui internet. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, vol. 17, (2), h. 109–112.

Nurhayati (2017). Belanja “ Online ” Sebagai Cara Belanja Di Kalangan Mahasiswa( studi kajian budaya di Universitas Malikussaleh, Lhoksumawe). Aceh Anthropological Journal, vol. 1 (2).

Kabupaten Gunung Kidul, (2019). Profil Kabupaten Gunung Kidul. https://gunungkidulkab.go.id/. (diakses pada 10 Oktober 2019).

Subdirektorat Statistik Harga Pedesaan. (2014). Diagram Timbang Nilai Tukar Petani. Badan Pusat Statistik. www.bps.go.id[diakses pada tanggal 20 Agustus 2018].

Zulaidah, Agustien. (2011). Modifikasi Ubi Kayu Secara Biologi Menggunakan Starter Bimo-CF Menjadi Tepung Termodifikasi Pengganti Gandum. Universitas Diponegoro Semarang.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Kidul, (2016). Jumlah Penduduk Menurut Golongan Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Gunung Kidul. https://gunungkidulkab.bps.go.id/statictable/2017/08/03/60/jumlah-penduduk-menurut-golongan-umur-dan-jenis-kelamin-di-kabupaten-gunungkidul-2016.html (diakses 10 Oktober 2019)

Holiday, R. (2013). Growth Hacker Marketing: A Primer on the Future of PR, Marketing, and Advertising. Portfolio Penguin Publisher. New York.

Wang, X, Wang, X, Yu, B, Zhang, S. (2019). A Comparative Study Of Entry Mode Options For E-Commerce Platforms And Suppliers. Electronic Commerce Research and Applications. Vol. 37.

Qin, X., Liu, Z., Tian, L. (2019). The Strategic Analysis Of Logistics Service Sharing In An E-Commerce Platform. Omega. Vol. 16.

Annisa, N. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Online, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Cilegon.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

JCES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE: