PELATIHAN SOLIDWORK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK MENGGAMBAR BAGI SISWA SMKN

Novi Sukma Drastiawati, Nur Aini Susanti, Tri Hartutuk Ningsih, Diah Wulandari, Andita Nataria Fitri Ganda

Abstract


Abstrak: Dunia pendidikan saat ini tengah menghadapi revolusi industri 4.0, untuk generasi muda perlu persiapan dari segi kemampuan dalam bidang komputer. Bagi siswa SMK, kemampuan yang harus ditingkatkan adalah terampil menggunakan komputer untuk mendesain sebagai pengembangan pada mata pelajaran teknik menggambar. SMKN 1 Bendo merupakan salah satu SMK terbaik di Kabupaten Magetan, sehingga penambahan keterampilan sudah layak dimiliki oleh siswa-siswa pada sekolah tersebut, namum berdasarkan silabus yang ada salah satu pengembangan teknik menggambar masih berupa mata pelajaran CAD (Computer Aided Design). Berdasarkan misi sekolah, satunya adalah mengupayakan mutu layanan pendidikan kejuruan sesuai dengan tuntutan masyarakat dunia usaha dan dunia industri, maka pelatihan tentang teknik menggambar menggunakan komputer perlu ditambahkan secara khusus. Salah satu pengembangan yang diperlukan adalah terampil menggunakan software SolidWork. Para siswa dapat meningkatan keterampilan menggunakan software tersebut dengan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh dosen-dosen Teknik Mesin UNESA. Metode pelatihan SolidWork menggunakan metode pembelajaran secara langsung (direct instruction), yang meliputi kegiatan orientasi, presentasi, latihan terstruktur, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Respon siswa terhadap pelatihan SolidWork adalah 97,67% hal tersebut menunjukkan siswa memberikan respon sangat positif.

Abstract: The World of Education is currently facing an industrial revolution 4.0, for the younger generation needs preparation in terms of capabilities in the computer field. For vocational students, the ability that must be improved is in using computers to design as a development in drawing engineering subjects. Bendo 1 Vocational School is one of the best Vocational Schools in Magetan Regency, so that the addition of skills is appropriate for students at the school, but based on the syllabus, one of the techniques of drawing is CAD (Computer Aided Design) subjects. Based on the school mission, one of which is to strive for the quality of vocational education services in accordance with the demands of the business community and the industrial world, training on drawing techniques using computers needs to be added specifically. One development that is needed is regarding the ability of students to skillfully use Solidwork software. Students can improve their skills to use the software by attending training held by UNESA Mechanical Engineering lecturers. The SolidWork training method uses the direct instruction method, which includes orientation activities, presentations, structured exercises, guided exercises, and independent training. The response of students to SolidWork training was 97.67%, it shows students gave very positive responses.


Keywords


SolidWork, menggambar, CAD (Computer Aided Design), SMKN.

Full Text:

PDF

References


Adinata, Y. C., & Sutama, M. P. (2017). Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Explicit Instruction dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Batik Surakarta Tahun 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Afdila, D., Sunyono, Efkar, T. (2015). Penerapan Simayang Tipe II Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 1–14.

Fajri, S.N., Khumaedi, M. (2016). PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN SOLIDWORKS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBUAT MODEL 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16(1), 43–47.

Hidayat, N. (2013). SolidWorks 3D Drafting and Design. Bandung : Informatika Bandung Book Store.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1), 28–43.

Listhari Baenanda. (2019). Mengenal lebih jauh Revolusi Industri 4.0.

Meidayanti, R., Sunyono., Tania, L. (2015). Pembelajaran Simayang Tipe Ii Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(3), 857–867.

Nugroho, C. B. (2016). Analisis Solidwork pada Rangka Mesin Press Bottle Jack 20 Ton dengan. Jurnal Integrasi, 8(1), 12–15.

Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1).

Pusat Studi Ekonomi Dan Kebijakan Publik. (2018). Revolusi Industri 4.0.

Roswandi, I., Rahmat, R. (2020). ANALISIS BEBAN PADA HOOK PEMBALIK PRODUK AEET DENGAN SOFTWARE SOLIDWORK 2018. PRIMA, 17(1), 10–18.

Shoimin, A. (68AD). model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 210.

Sungkono, I., Irawan, H., Patriawan, D. A. (2019). Analisis Desain Rangka Dan Penggerak Alat Pembulat Adonan Kosmetik Sistem Putaran Eksentrik Menggunakan Solidwork. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan VII 2019 Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 575–580.

Sunyono. (2012). Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang).

Syamsuar, S., Reflianto, R. (2019). PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.1470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

JCES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE: