PENDAMPINGAN BRANDING DAN LABELLING SEBAGAI PEBGUATAN IDENTITAS PRODUK BATIK EKOPRINT PADA KELOMPOK IBU-IBU RUMAH TANGGA

Dwi Indah Widya Yanti, Ivonne Martha Leiwakabessy, Roger R. Tabalessy, Melisa Ch. Masengi, Melani Manurung, Lili Joy S. Sapari, Hanock Kurmasela

Abstract


Abstrak: Ekoprint merupakan teknik pencetakan tekstil dengan memanfaatkan sumberdaya alam di lingkungan sekitar dan ramah lingkungan. Teknik ini semakin diminati oleh masyarakat salah satunya Ibu-ibu di Kepulauan Fam, Raja Ampat. Produk ini memiliki potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Namun yang menjadi kendala adalah belum adanya brand dan label yang menjadi ciri khas produk tersebut. Logo bukan hanya simbol visual, tetapi juga merupakan elemen kunci dalam strategi branding yang dapat membantu membangun dan memperkuat hubungan antara merek dan pelanggan. Kegiatan pendampingan dilakukan sebagai bagian dari Program Matching Fund 2023. Kegiatan dilaksanakan di Kampung Saupapir Kepulauan Fam Raja Ampat. Metode yang dilakukan adalah pendampingan yang terdiri dari tahapan Pra, Pelaksanaan dan Evaluasi. Peserta kegiatan terdiri dari 20 orang Ibu-Ibu Rumah tangga yang memiliki usaha tradisional batik ekoprint. Dari hasil kegiatan pendampingan terpilih logo yang akan digunakan dalam pengemasan batik ekoprint. Berdasarkan evaluasi, pemahaman tentang pentingnya label dan logo dalam pemasaran produk meningkat dari 55 % menjadi 75% tingkat pemahaman peserta setelah kegiatan. Indeks Kepuasan mitra dalam kegiatan pendampingan secara keseluruhan adalah 4,4 dengn kinerja layanan “Sangat Puas”

Abstract: Abstract: Ecoprint is a textile printing technique that utilizes natural resources in the surrounding environment and is environmentally friendly. This technique is increasingly in demand by the community, one of which is mothers in the Fam Islands, Raja Ampat. This product has excellent potential for development. However, the obstacle is that there is no brand and label that characterizes the product. A logo is not just a visual symbol, it is also a key element in a branding strategy that can help build and strengthen the relationship between a brand and customers. Mentoring activities were carried out as part of the 2023 Matching Fund Program. Activities were carried out in Saupapir Village, Fam Raja Ampat Islands. The method used is mentoring which consists of Pre, Implementation and Evaluation stages. The activity participants consisted of 20 housewives who have traditional ecoprint batik businesses. From the results of the mentoring activities, a logo was selected to be used in ecoprint batik packaging. Based on the evaluation, understanding of the importance of labels and logos in product marketing increased from 55% to 75% of participants' level of understanding after the activity. The overall partner satisfaction index in mentoring activities is 4.4 with service performance "Very Satisfied"

 

 


Keywords


Logo; Batik; Ecoprint.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jesya, 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967

Ardhanari, M., & Nugrohadi, G. E. (2022). Pendampingan Packaging Dan Branding Pada Umkm Produk Khas Olahan Hasil Laut Di Kelurahan Sukolilo Baru – Kenjeran, Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 18. https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31415

Darmawan, A., Moussadecq, A., Rohiman, R., & Kurniawan, H. (2022). Pelatihan Branding Produk Umkm Bagi Warga Kelurahan Mulyo Jati Kota Metro. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 4(01), 25–31. https://doi.org/10.30873/jppm.v4i01.3155

Hikmah, A. R., Retnasari, D., & Indonesia, D. (2022). Ecoprint sebagai alternatif peluang usaha fashion yang ramah lingkungan. Prosiding PTBB FT UNY, 5.

Indrihastuti, P., Arvianti, E. Y., & Dewi Novitawati, R. A. (2019). Teknik Design Labeling Pengembangan Model Kemasan Keripik Salak Pondoh oleh Wanita Tani Srikandi dan Karya Bhakti. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 3(2), 115. https://doi.org/10.33366/jast.v3i2.1471

Karsono, Purwanto, & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 869–880.

Kurnianti, A., Azizah, L. M., & Mufidah, I. (2022). Branding Umkm Dan Pembuatan Media Promosi Usaha Kuliner. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1303–1312. https://doi.org/10.18196/ppm.44.604

Kurniawan, S., & Rusfa, D. D. R. (2023). Program Pembinaan UMKM melalui Magang Mahasiswa di UMKM. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 125. https://doi.org/10.24127/sss.v7i1.2553

Limbah, D., Kopi, K., Desa, D., Lor, K., & Jember, K. (2022). Penyuluhan Dan Pendampingan Kegiatan Pengemasan Produk Tepung Roti. 7(3), 506–510.

Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding Umkm Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 261. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12673

Nur Ahmas, A. A., Sutrisno, T., & Ratnasari, I. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v7i1.20159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: