PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRY KELOMPOK JAYA BERSAMA KABUPATEN BENGKALIS

Rina D'rita Sibagariang, Andri Hendrizal, Isma Mulyani, Asmika H. Simarmata, Nur El Fajri

Abstract


Abstrak: Kelompok Jaya Bersama menghadapi kendala dalam memasarkan produk home industry mereka. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok Jaya  Bersama dalam bidang pemasaran digital. Fokus utama kegiatan ini adalah pengembangan kemampuan anggota dalam memanfaatkan platform digital marketing, seperti instagram guna memasarkan produk home industry yang tidak hanya mendukung ekonomi lokal tetapi juga berkontribusi pada konservasi lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pangkalan Jambi, Kabupaten Bengkalis, pada tanggal 14 Juni 2024, dengan rangkaian pelatihan yang meliputi manajemen usaha, pemasaran digital, dan pengelolaan media sosial. Diharapkan setelah pelatihan ini, anggota kelompok mampu mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif sehingga produk mereka lebih dikenal luas dan pendapatan dari penjualan meningkat.

Abstract:  The Jaya Bersama group faces challenges in marketing their home industry products. This community service activity aims to improve the knowledge and skills of Jaya Bersama group members in the field of digital marketing. The main focus of this activity is to enhance the members ability to utilize digital marketing platforms, such as Instagram, to promote home industry products that not only support the local economy but also contribute to environmental conservation. This activity was held in Pangkalan Jambi Village, Bengkalis Regency, on June 14, 2024, with a series of training sessions covering business management, digital marketing, and social media management. It is expected that through this training, group members will be able to develop more effective marketing strategies, thereby increasing product recognition and boosting sales revenue.


Keywords


jaya bersama; pemasaran; produk; peningkatan.

Full Text:

PDF

References


Astuti, D., & Widodo, T. (2018). Identifikasi Potensi Serta Minat Konsumen Akan Ekowisata Mangrove Di Pulau Bengkalis. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 6(2), 135. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v6i2.860

Efriyeldi, E., Nurrachmi, I., Galib, M., Rafsyanjani, R., Khairunnisa, K., Savita, D., Ani, A., Sufaidah, S. N., Zaki, R., Alghani, M. R., Prayitno, B. E., & Sari, L. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kelompok Konservasi Laskar Mandiri dalam Pengolahan Buah dan Daun Mangrove Menjadi Beraneka Makanan di Desa Kayu Ara Permai Kecamatan Sungai Apit. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 3(2), 61–69. https://doi.org/10.31258/jruce.3.2.61-69

Hasanah, U., Faried, A. I., & Sembiring, R. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Pengolahan Mangrove Menjadi Permen Jelly Dan Sirup Mangrove Berbasis Nilai Jual Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 890–894. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5063

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209

HSSE, E. T. P. R. I. S. P. (2020). Permata Hijau Pesisir Gambut. Arjuna Wijaya Karya.

Mahmudah, I. (2023). Jurdar : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jurdar : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 873–879.

Mulyadi, T., Wahab, A., Lubis, R., & ... (2023). Pemberdayaan Umkm Lokal Melalui Pelatihan Digital Marketing Dan E-Commerce. … Journal: Jurnal …, 4(6), 11624–11628. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22601%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/22601/15829

Patma, T. S., Wardana, L. W., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., & Akbarina, F. (2021). The impact of social media marketing for Indonesian SMEs sustainability: Lesson from Covid-19 pandemic. Cogent Business and Management, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1953679

Roosdhani, M. R., Ali, A., & Sholahuddin, M. (2023). Pemberdayaan Dan Pendampingan E-Commerce Umkm Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 5(2), 91–96. https://doi.org/10.33480/abdimas.v5i2.4649

Sanjaya, Y. A., Pratiwi, Y. S., Merdekawati, S., & Tantri, H. K. (2023). Pengembangan Potensi Mangrove sebagai Produk Pangan Intermediate di Kelurahan Wonorejo, Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 64–69. https://doi.org/10.59562/abdimas.v1i2.728

Satoto, H. F., & Sudaryanto, A. (2019). Pengolahan Buah Pedada Menjadi Sirup “Bogem” Di Kawasan Wisata Hutan Mangrove Surabaya. Jurnal Penamas Adi Buana, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.36456/penamas.vol3.no2.a2215

Titisari, P. W., Elfis, E., Arradinna, S. F., Maulana, M. A., Nurdilla, H., & Selaras, P. (2023). Diversifikasi Produk Kuliner Berbasis Mangrove Pada Kelompok Usaha Berembang Asri, Riau. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 87–94. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.212




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i2.27143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: