PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA UKM DALAM MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0

Hadi Irfani, Fitri Yeni, Rika Wahyuni

Abstract


Abstrak: Pemanfaatan digital marketing pada era industri 4.0 dapat dijadikan alternatif strategi dalam pemasaran produk agar memudahkan pelaku usaha memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon konsumen, sedangkan dari sisi calon konsumen dapat digunakan sebagai media yang memudahkan dalam pencarian informasi produk. Akan tetapi, penggunaannya tidak banyak disadari oleh pelaku usaha, terutama para UKM usaha Uberrr Snack 88 Kota Solok yang masih menggunakan sistem pemasaran konvensional. Kegiatan ini dirancang untuk tujuan: 1)  peningkatan pengetahuan dan kemampuan pelaku UKM Usaha Uberrr Snack 88 Kota Solok dalam manajemen pemasaran untuk mendorong penjualan produk dalam skala luas dan meningkatkan daya saing UKM, (2) peningkatan penguasaan digital marketing pada pelaku UKM untuk menarik minat calon konsumen dengan menggunakan Google Bisnisku. Metode pelaksanaan kegiatan PKM, meliputi: 1) observasi dan wawancara; 2) identifikasi masalah, 3) pembuatan video tutorial Google Bisnisku, 4) penyuluhan dan pelatihan, 5) pembuatan laporan kegiatan PKM yaitu laporan hasil pelatihan, laporan kemajuan dan laporan akhir, 6) pembuatan artikel jurnal nasional. Hasil pelaksanaan kegiatan adalah terwujudnya semua target kegiatan, kerja sama dengan mitra terjalin dengan baik, pemasaran produk memiliki jangkauan lebih luas dan muncul pada pencarian google bisnisku serta peningkatan daya saing UKM usaha Uberr Snack 88 UKM Kota Solok.

Abstract: In industrial revolution 4.0, digital marketing can be used as an alternative strategy in product marketing to make it easier for businesses to monitor and provide the needs and wants of their potential consumers. As for the consumers, digital marketing makes it easier for them to find information about the product. However, not many people are aware of the use and benefits of digital marketing, especially the small and medium enterprises (SME) of Uberrr Snack 88 in Solok City that still use conventional marketing systems. This activity is designed with the purpose of: 1) increasing the knowledge and abilities of SMEs of Uberrr Snack 88 in Solok City in marketing management to increase product sales in a wider scale and to increase the competitiveness of SMEs, 2) increasing the ability of SMEs to attract consumers using  Google Bisnisku (Google My Business). The method used to implement this activity includes: 1) observation and interviews, 2) problems identification, 3) making tutorial videos about Google My Business, 4) training and mentoring, 5) making the PKM activity report which are the report of the training results, the report of the progress, and the final report, 6) writing national journal articles. The results of this activity are the realization of all activity targets, building good cooperation with partners, and product marketing that has a wider reach and comes up on Google My Business search, as well as increasing the competitiveness of the small and medium enterprises of Uberrr Snack 88 in Solok City.


Keywords


UKM, Pelatihan, Digital Marketing, Google Bisnisku.

Full Text:

PDF

References


Aditya, M. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, (April 2015), 327–337.

Ascharisa, M. A. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurnal Riset Komunikasi, 1, 147–157.

Bambang, S.W., & Diaz, H. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 86. https://doi.org/10.25273/capital.v3i2.6077

Dedi, P.S., Rahmi., & Shandy, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Eunike, S., & Sony, H. P. (2018). Analisis Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Pengunjung (Studi Pada Kampoeng Kopi Banaran, PT. Perkebunan Nusantara IX kabupaten Semarang). Jurnal Ilmiah Agrineca, 19(2).

Iwan, M.R., Abdurrahman, F., Isah, A., Susilawati., & Iwan, S. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 2(1), 137–142.

Kannan, P. K., & Hongshuang, A. L. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Made, I. B. D. (2017). Google Bisnis, Sim Dan Sia Guna Menetukan HPP Sebagai Sarana Meningkatkan Pendapatkan Masyarakat. Jurnal Penamas Adi Buana, 1(1).

Mohamad, T.F., & Debby, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Mutia, M., Achmad, H.N.L., & Hanim, M. A. (2012). Faktor-Faktor PengaruhMedia Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing : Studi Kasus Coffee Toffee Indonesia. Jurnal Teknik Pomits, 1(1), 1–6.

Nursatyo & Dini, R. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430

Prasetyo, D.S., Fahimatul, U., & Mustaqim. (2020). Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Era E-commerce & Media Sosial. Jurnal Pengabdian Balerang, 2(February), 0–5. https://doi.org/10.33884/jpb.v2i01.1625.

Rianita, P.S., Deri, T.S., & Dewi, P. (2020). Analisis Kesiapan UMKM Kabupaten Karawang Terhadap Adopsi Cloud Computing Dalam Konteks Industri 4.0. 15(2), 63–72.

Rolly, M.A., Dani, L.S., Tamadara, H., Muchamad, I, K., & Muhammad, W. A. . (2020). Pelatihan Google Bisnisku Dalam Rangka Pemetaan Digital UKM di Desa Wangunharja. 1(2), 47–49.

Rutman, L.T., Posma, S.J.K., Emma, T., & Suzanna, J. L. T. (2020). Pengenalan Pemasaran Menggunakan Internet Kepada Jamaah Masjid Cawang. Jurnal IKRAITH ABDIMAS, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

JCES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE: