KOMUNIKASI EFEKTIF PETUGAS PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN DALAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN DI RUMAH SAKIT
Abstract
Abstrak: Peran PMIK sangat vital dalam mengelola informasi medis yang akurat, lengkap, dan dapat diakses tepat waktu oleh tenaga kesehatan. Namun, berbagai kendala komunikasi sering ditemukan, seperti keterbatasan teknologi, kurangnya pelatihan, dan SOP yang tidak jelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan komunikasi efektif melalui sosialisasi dan edukasi tentang peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit, sehingga dapat mempercepat dan meningkatkan kualitas informasi medis yang disampaikan. Tujuan: mewujudkan komunikasi efektif dengan melakukan percepatan informasi melalui sosialisasi serta edukasi tentang peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit.Metode: dilakukan Forum Grop Diskusi dan evaluasi dengan penilaian dari masyarakat dan teman sejawat RS Hasil: Sosialisasi tentang komunikasi efektif dilakukan dengan cara melakukan Pre Test dan Post test. Hasil dari sosialisasi didapatkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan pertugas sebelum (pre test) sebanyak 70 % meningkat menjadi 85% setelah (post test) penyampaian materi oleh Tim pengabdian masyarakat . Pre Test adalah test yang diberikan sebelum pengajaran dimulai dengan tujuan untuk mengetahui sampai dimana pengetahuan perawat terhadap materi yang disampaikan.
Abstract: The role of Medical Record and Health Information Management (PMIK) is vital in managing accurate, complete, and timely accessible medical information for healthcare providers. However, various communication barriers are often encountered, such as technological limitations, lack of training, and unclear standard operating procedures (SOPs). Therefore, this study aims to achieve effective communication through socialization and education on improving service quality in hospitals, which can accelerate and enhance the quality of medical information conveyed. Objective: To achieve effective communication by accelerating information through socialization and education on improving service quality in hospitals. Method: A Focus Group Discussion (FGD) and evaluation were conducted, involving assessments from the community and colleagues at the hospital. Results: The socialization on effective communication was carried out by conducting a Pre-Test and Post-Test. The results of the socialization showed an increase in staff knowledge, from 70% before (pre-test) to 85% after (post-test) the presentation of the material by the community service team. The Pre-Test is a test given before the teaching begins with the aim of assessing the nurses' knowledge of the material to be delivered.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Menara Ilmu : Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 1(XIV), 81–85.
https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1742
ahan,+Noor+Anna+Murdiany+41-48. (n.d.).
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201
Budo, A., Tulusan, F., & Tampi, G. B. (2020). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Pancaran Kasih Manado. Jurnal Administrasi Publik, 6(94), 1–13.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jap/article/download/29820/28875
Chichirez, C.-M., & Assistant, P. (n.d.). Interpersonal communication in healthcare. In Journal of Medicine and Life (Vol. 11).
Khurota, S., & Yunin, A. ’. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. In Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 01, Issue 02). Oktober Journal.
Komunikasi, H., Petugas Pendaftaran, E., Kepuasan, D., Di, P., Sakit X, R., Fanny, N., Fatimah, F. S., Indrawan, M., & Huda, N. (n.d.). Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas) 2022 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta 506.
Pasalli’, A., & Patattan, A. A. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 14–19. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.57
Pendidikan, N. A., Daerah, B., Seni, B., & Budaya, D. (n.d.). Analisis Upaya Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Pada Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Melalui Sistem Teknologi Informasi.
Peraturan menteri kesehatan. (2022). Peraturan Menkes No 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis Elektronik Bagian 1. 24, 2022.
Rizki Kamalia, Arifah Devi Fitriani, & Mappeaty Nyorong. (2023). Faktor yang Memengaruhi Mutu Pelayanan Medik di RSUD Pidie Jaya. Jurnal Medika Nusantara, 1(1), 55–69. https://doi.org/10.59680/medika.v1i1.299
Rusmana, R., & Sari, I. (2023). Implementasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik Guna Menunjang Efektivitas Rekam Medis Elektronik di UPTD Puskesmas Campaka. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 4(4), 203–212. https://doi.org/10.25047/j-remi.v4i4.3956
Sukawan, A., Meilany, L., Rahma, A. N., Kemenkes, P., Stikes, P., Makassar, J., Cilolohan, N., Jawa, T., & Korespondensi, B. (2021). Literature Review: Peran Lembar Catatan Perkembangan Terintegrasi (CPPT) dalam Meningkatkan Komunikasi Efektif pada Pelaksanaan Kolaborasi Interprofesional di Rumah Sakit. In Health Information Management Journal ISSN (Vol. 9, Issue 1).
Winario, M., Yulianti, J., Khairi, R., Mailiza, D., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (N.D.). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Klinik Hmc Kandis.
Yanti, N. L. G. P., Oktaviani, N. P. W., Faidah, N., Muliawati, N. K., & Adiputra, I. M. S. (2023). Optimalisasi Peran Petugas Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil. Jurnal Pengabdian Barelang, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.33884/jpb.v5i1.5625
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i1.28432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: