PENTINGNYA PENDIDIKAN 12 TAHUN DESA JAGARAGA KECAMATAN KURIPAN LOMBOK BARAT

Irhas Irhas, Heri Sopian Hadi, Elyakim Nova Supriyedi Patty

Abstract


Abstrak: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran penduduk Desa Jagaraga, Kecamatan Kuripan, Lombok Barat, tentang pentingnya pendidikan 12 tahun. Berfokus pada anak-anak yang seringkali putus sekolah sebelum waktunya karena berbagai faktor, program ini menerapkan strategi sosialisasi berbasis diskusi interaktif yang melibatkan anak-anak dan orang tua. Pendekatan ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih mendalam tentang manfaat menyelesaikan pendidikan menengah. Kegiatan ini dilakukan dalam empat tahap: 1) survei dan identifikasi kebutuhan, 2) penyusunan materi sosialisasi, 3) pelaksanaan sosialisasi, dan 4) evaluasi dan tindak lanjut. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan di kalangan orang tua dan anak-anak mengenai pentingnya pendidikan 12 tahun. Diskusi interaktif terbukti efektif dalam mengubah persepsi dan memotivasi masyarakat terhadap pencapaian pendidikan. Studi ini menyoroti  efektivitas diskusi interaktif berbasis masyarakat dalam mempromosikan kesadaran pendidikan, sebuah strategi yang belum banyak diterapkan di wilayah ini. Namun, studi ini juga menggarisbawahi perlunya intervensi lebih lanjut untuk mengatasi kendala ekonomi dan aksesibilitas yang masih menjadi tantangan besar bagi pencapaian pendidikan di Desa Jagaraga.

Abstract: This community service activity aimed to increase awareness among residents of Jagaraga Village, Kuripan Subdistrict, West Lombok, about the importance of 12 years of education.  Focusing on children who often discontinue their education prematurely due to various factors, the program employed an interactive discussion-based socialization strategy involving both children and parents. This approach aimed to foster a deeper understanding of the benefits of completing secondary education. The activity was conducted in four stages: 1) survey and identification of needs, 2) preparation of socialization materials, 3) implementation of socialization, and 4) evaluation and follow-up.  Results indicated a significant increase in understanding among parents and children regarding the importance of 12 years of education. The interactive discussions proved effective in changing perceptions and motivating the community towards educational attainment. This study highlights the efficacy of community-based interactive discussions in promoting educational awareness, a strategy not widely implemented in this region. However, it also underscores the need for further interventions to address economic constraints and accessibility issues that remain significant challenges to educational attainment in Jagaraga Village


Keywords


diskusi interaktif; pendidikan 12 tahun; kesadaran pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Amadi, A. S. M., Hasan, S., Rifanto, N. A., Wildan, M., Afifah, N. Q., & Nisak, N. M. (2023). Upaya Pemerintah dalam Menjamin Hak Pendidikan untuk Seluruh Masyarakat di Indonesia: Sebuah Fakta yang Signifikan. Educatio, 18(1), 161–171.

Fadhila, N., & Riani, L. P. (2024). Menelisik problematika pembiayaan pendidikan di Indonesia: Sebuah tinjauan literatur. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 129–139.

Fahrurrozi, M., Mohzana, M., Hartini Haritani, H., Dukha Yunitasari, D., & Hasan Basri, H. (2023). Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Regional Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Wilayah (Studi Di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat). Jurnal Ketahanan Nasional, 29(1), 70–89.

Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373.

Lubis, M. S., Dongoran, R. Z., & Ginting, I. S. B. (2024). Peran Program Teaching in Society Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak Desa Pasir Permit. Alahyan Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(2), 239–247.

Mujiburrahman, M., Nuraeni, N., Astuti, F. H., Muzanni, A., & Muhlisin, M. (2021). Pentingnya pendidikan bagi remaja sebagai upaya pencegahan pernikahan dini. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–41.

Oktaviana, R., & Widiyanti, L. (2022). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Untuk Mengurangi Tingkat Pernikahan Dini di Desa Banding Agung. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 103–107.

Prabowo, M. A., Hidayani, H., Qomaruddin, M. T., & Maulana, I. (2022). Upaya Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Pendidikan melalui Penerapan Program Bimbingan Belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(4), 373–379.

Pratama, Y., Wati, S., Arifmiboy, A., & Iswantir, M. (2023). Faktor Penyebab Remaja Putus Sekolah Di Jorong Setia Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2), 65–71.

Rahmah, A. N., Nasution, F. S. M., Salsabila, N. A., Nafisah, S., & Abdillah, T. K. (2024). Sosialisasi Membentuk Konsep Diri untuk Pengasuhan yang Positif pada Anak di Era Digital. Jurnal Pengabdian Inovatif Masyarakat, 1(1), 19–27.

Riyana, G. D., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Kondisi Sosial Budaya Terkait Pendidikan Anak Pada Masyarakat Petani di Desa Suro Jawa Tengah. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 146–154.

Rupinus, R., Arifin, A., & Akadira, T. (2023). Implementasi Kebijakan Wajib Belajar Sembilan Tahun Di Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(2), 301–310.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106.

Sholihin, C. (2024). Kebijakan Pendidikan. Pengantar Pendidikan, 166.

Sukarma, I. K., Karyasa, T. B., Hasim, H., Asfahani, A., & Azis, A. A. (2023). Mengurangi Ketimpangan Sosial Melalui Program Bantuan Pendidikan Bagi Anak-Anak Kurang Mampu. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8440–8447.

Wijoyo, H. (2021). Edupreneurship dan Mahasiswa. Edupreneurship, 21.

Yumna, D. R. U., Ayu, R. S., Dewi, A., Putri, N. F., & Ridwan, R. (2024). Analisis Kebijakan Program Keluarga Harapan Dalam Memutus Kemiskinan Di Indonesia. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5(7), 61–70.

Zulriyawan, R., & Pierewan, A. C. (2021). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Pemenuhan Pendidikan Formal Anak Pada Keluarga Petani Indonesia. E-Societas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 10(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i1.29239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: