STRENGTHENING DIGITAL LITERATION OF SMA N 2 BANGKALAN STUDENTS TO REDUCE THE IMPACT OF COVID-19

Moh. Zaki Kurniawan

Abstract


Abstrak: Tujuan dilaksanakannya dari salah satu kegiatan tridharma bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan secara daring ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai pentingya menerapkan literasi digital dalam berkehidupan bermasyarakat model baru dan pencegahan penyebaran COVID-19 di SMAN 2 Bangkalan melalui penerapan pola hidup sehat untuk beradaptasi dengan new normal dalam kehidupan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat literasi digital dilakukan secara daring diawali dengan melakukan kegiatan menggali dan menghimpun berbagai informasi untuk mengetahui kondisi lokasi pengabdian dan kebutuhan riil di lokasi kegiatan pengabdian. Berdasarkan dari pelaksanaan kegiatan edukasi literasi digital peserta dapat memahami dan berhasil mencoba menerapkan literasi digital untuk penganggulangan dampak COVID-19 secara optimal.

Abstract: The purpose of implementing one of the tridharma activities in the field of community service carried out online is to provide education about the importance of implementing digital literacy in new social life and prevention of the spread of COVID-19 at SMAN 2 Bangkalan through the application of a healthy lifestyle to adapt to the new normal in life. The method of implementing digital literacy community service activities is carried out online, starting with exploring and collecting various information to find out the conditions of the service location and the real needs at the service location. Based on the implementation of digital literacy education activities, participants can understand and succeed in trying to apply digital literacy to optimally mitigate the impact of COVID-19.


Keywords


Digital Literacy; COVID-19; SMAN 2 Bangkalan.

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Amalia, R. R. (2015). Literasi Digital Pelajar SMA : Kemampuan Berkomunikasi dan Berpartisipasi Pelajar SMA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Internet. Jurnal Studi Pemuda, 4(1), 224–240.

Andi, A. (2018). LITERACY BASED SHARING KNOWLEDGE ON THE COMMUNITY Andi Asari * , Dwi Saksomo, Amalia Nurma Dewi, Dwi Novita Ernaningsih (State University of Malang, Semarang Jalan 5 Malang). 2(2), 92–98.

Arif, M. C., & Fil, M. I. (2013). Tingkat Literasi Media Berbasis Kompetensi Individual Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Iain Sunan Ampel Surabaya. 0–20.

Belshaw, D. A. (2012). What is ‘ digital literacy ’? Douglas A . J . Belshaw. Durham E-Theses Online, 0, 0–274. http://etheses.dur.ac.uk/3446

Buckingham, D. (2007). Digital Media Literacies: Rethinking Media Education in the Age of the Internet. Research in Comparative and International Education, 2(1), 43–55. https://doi.org/10.2304/rcie.2007.2.1.43

Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827

Hafner, C. A., Chik, A., & Jones, R. H. (2015). Digital literacies and language learning. Language Learning and Technology, 19(3), 1–7.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.

Mustofa, M., & Budiwati, B. H. (2019). PROSES LITERASI DIGITAL TERHADAP ANAK: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka, 11(1), 114. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619

Prasanti, D. (2018). Health Information of Literation as Prevention Processes of Hoax Information in the Use of Traditional Medicine in Digital Era (Literasi Informasi Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan Informasi Hoax dalam Penggunaan Obat Tradisional di Era Digital). Journal Pekommas, 3(1), 45. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030105

Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja. Semantik, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1p11.250

Puspito, D. W. (2017). Implementasi Literasi Digital Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Konferensi Bahasa Dan Sastra (International Conference on Language, Literature, and Teaching) II, 307–308.

Rianto, P. (2019). Literasi Digital Dan Etika Media Sosial Di Era Post-Truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 24. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.2.24-35

Sabrina, A. R. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax. Communicare : Journal of Communication Studies, 5(2), 31. https://doi.org/10.37535/101005220183

Sari, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Millenial Di Era Digital. Jurnal Professional FIS UNIVED, 6(2), 30–42.

Sari, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(2), 30–42. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943

Setyaningsih, R. (2017). Literasi Media Mahasiswa Guru Pondok Modern Darussalam Gontor. ETTISAL Journal of Communication, 2(2), 1. https://doi.org/10.21111/ettisal.v2i2.1455

Stefany, S., Nurbani, & . B. (2017). LITERASI DIGITAL DAN PEMBUKAAN DIRI: Studi Korelasi Penggunaan Media Sosial Pada Pelajar Remaja di Kota Medan. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 10–31. https://doi.org/10.24198/jsg.v2i1.15268

Suprapto, R., Hayati, M., Nurbaity, S., Anggraeni, F., Haritsatama, S., Sadida, T. Q., Firoh, A., & Pratama, F. A. (2020). Pembiasaan Cuci Tangan yang Baik dan Benar pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 2(2), 139. https://doi.org/10.26714/jsm.2.2.2020.139-145




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v4i1.3155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

JCES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE: