BROS AND VIRAL MARKETING TRAINING FOR HOUSEHOLDS

Nining Suryani, Windi Baskoro Prihandoyo, Raden Sudarwo, Khaerul Anam, Hulaifi Hulaifi

Abstract


Abstrak: Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat “Pelatihan pembuatan bros dan viral marketing” adalah untuk transfer keterampilan pembuatan bros dan viral marketing kepada masyarakat dusun Mertak Wareng, desa Beber, kecamatan Batukliang, kabupaten Lombok Tengah. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui intervensi dan pelatihan. Kelompok sasaran kegiatan pengabdian kepada  masyarakat ini adalah ibu-ibu rumah tangga dusun Mertak Wareng, desa Beber, kecamatan Batukliang, kabupaten Lombok Tengah. Manfaat kegiatan ini adalah 1) memberikan keterampilan pembuatan bros mutiara, 2) memberikan keterampilan cara pengambilan foto produk, dan 3) meningkatkan pengetahuan viral marketing. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta pelatihan sudah mampu membuat beberapa bros mutiara, mengambil foto produk dengan peralatan sederhana, dan melakukan kegiatan viral marketing. Namun, untuk pembuatan bros dan viral marketing perlu diadakan pelatihan lebih lanjut untuk meningkatkan keterampilan membuat bros dengan berbagai varian dan meningkatkan pemasaran. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat “Pelatihan pembuatan bros dan viral marketing” di dusun Mertak Wareng, desa Beber, kecamatan Batukliang, kabupaten Lombok Tengah berjalan dengan baik dan mendapatkan respon positif dari peserta dan Kadis Dikbud Kabupaten Lombok Tengah.

Abstract: The purpose of the community service activity "Brooch making training and viral marketing" is to transfer brooch making and viral marketing skills to the people of Mertak Wareng hamlet, Beber village, Batukliang sub-district, Central Lombok district. The method of implementing activities is carried out through intervention and training. The target group for this community service activity is housewives in Mertak Wareng hamlet, Beber village, Batukliang sub-district, Central Lombok district. The benefits of this activity are 1) providing pearl brooch making skills, 2) providing skills on how to take product photos, and 3) increasing viral marketing knowledge. The evaluation results showed that the training participants were able to make several pearl brooches, take product photos with simple equipment, and carry out viral marketing activities. However, for brooch making and viral marketing, further training is needed to improve skills in making brooches with various variants and improve marketing. Overall, the community service activity "Brooch making training and viral marketing" in Mertak Wareng hamlet, Beber village, Batukliang sub-district, Central Lombok district went well and received positive responses from participants and the Head of the Education and Culture Office of Central Lombok Regency.


Keywords


Bross; Viral Marketing.

Full Text:

PDF

References


Dyah Utami, A., & Eka Purnama, B. (2012). Pemanfaatan Jejaring Sosial (FACEBOOK) Sebagai Media Bisnis Online. Seruni FTI UNSA, 1, 1–7.

Hamdani, M. Y., & Mawardi, M. K. (2018). PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawiijaya Angkatan 2015/2016 yang pernah Melakukan Pembelian Online melalui Media Sosial Ins. Jurna Administrasi Bisnis, 60(1), 163–171.

Handajani, L., Akram, Furkan, L. M., & Rifa’i, A. (2019). PENGGUNAAN PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA HOME INDUSTRY KOPI LOMBOK DI DESA SIGERONGAN KABUPATEN LOMBOK BARAT. Abdi Insani, 6(3), 409–421. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.267

Hendrianti, Ai & Nirwana, Yessi & Heriati, A. (2018). Kajian Hidrodinamika bagi Pengembangan Budidaya Laut di Sekotong, Nusa Tenggara Barat.

Ketiasih, N. K., & Yunitha, N. M. I. (2012). MEDIA INFORMASI PEMANFAATAN DAUN KERING SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 7(1). https://doi.org/10.23887/jptk.v7i1.30

Mananti, T. P., & N, R. R. (2018). PENDAMPINGAN TEKNIK PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN BERBAHAN DASAR SABUT KELAPA. MONSU’ANI TANO : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.32529/tano.v1i1.248

Mauko, I. C., Setiohardjo, N. M., & Noach, F. P. (2017). PENGEMBANGAN WEBSITE UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DAN PENERAPAN JURNAL ELEKTRONIK BERBASIS OPEN SOURCE DI POLITEKNIK NEGERI KUPANG. Jurnal Ilmiah Flash, 3(2), 100. https://doi.org/10.32511/jiflash.v3i2.145

Nurhastuti. (2019). PELATIHAN MEMBUAT BROS DARI KAIN PERCA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HIDUP SISWA TUNAGRAHITA RINGAN.

Sari, R. K. (2019). VIRAL MARKETING : MEMANFAATKAN KEKUATAN MEDIA SOSIAL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN. CERMIN: Jurnal Penelitian, 3(2), 81. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v3i2.488

Suwarno, D. J., & Silvianita, A. (2017). Knowledge Sharing Dan Inovasi Pada Industri Startup. Ecodemica, 1(1), 98–106.

Syahbani, M. F., & Widodo, A. (2017). Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 46–58.

Wahyudin, Yudi & Adrianto, L. (2012). Analisis Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan di Selat Lombok (Economic Analysis of Natural Resources and Environment in Lombok Strait).

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, (April 2015), 327–337.

Yoedtadi, M. (2019). tV SoSIaL: tELEVISI Dan MEDIa SoSIaL.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v4i1.3770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

JCES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE: