UNDERSTANDING THE USE OF GOOGLE CLASSROOM FOR TEACHERS DURING THE PANDEMIC COVID-19
Abstract
Abstrak: Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di seluruh dunia, sangat berdampak bagi kehidupan manusia termasuk Indonesia. Pandemi ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan setiap orang didunia, tetapi juga berpengaruh terhadap sektor ekonomi, sosial, agama, bahkan pendidikan. Pada sektor pendidikan kegiatan belajar mengajar dituntut untuk lebih memanfaatkan teknologi yang ada karena harus menjaga jarak satu sama lain (social distancing) dimasa pandemi ini. Untuk media pembelajaran perlu didesain lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat menarik minat belajar dan bisa melaksanakan kegiatan belajar di manapun dan kapanpun. Pengabdian tentang pelatihan penggunaan Google Classroom di masa pandemi perlu dilakukan untuk melatih para guru-guru agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif. Sasaran pada pengabdian kepada masyarakat ini pesertanya adalah guru SD Negeri 149 Palembang. Metode pembelajaran yang dilakukan yaitu metode ceramah, demontrasi dan praktek secara langsung face to face. Hasil yang didapat dari kegiatan pelatihan penggunaan Google Classroom ini yaitu dapat menambah pemahaman bagi guru-guru tentang teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk maksimal kegiatan belajar daring mengajar dimasa pandemi covid-19 saat ini.
Abstract: The Covid-19 pandemic that is happening all over the world, has had a major impact on human life, including Indonesia. This pandemic greatly affects the health of everyone in the world, but also affects the economic, social, religious, and even education sectors. In the education sector, teaching and learning activities are required to make better use of existing technology because they have to keep a distance from each other (social distancing) during this pandemic. For learning media, it needs to be designed to be more creative and innovative so that it can attract interest in learning and be able to carry out learning activities anywhere and anytime. Community service regarding training on the use of Google Classroom during a pandemic needs to be done to train teachers to make teaching and learning activities more productive. The participants of this community service are teachers of SD Negeri 149 Palembang. The learning method used is the lecture method, demonstration and direct practice face to face. The results obtained from training activities using Google Classroom are able to increase understanding for teachers about technology that can be used to maximize teaching online learning activities during the current Covid-19 pandemic.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryanti, S. Z., Nasucha, Y., Imron, A., & Ruf, A.-M. (2020). Mural Art Media F0r Millennials Character Education. 4(3), 7–8.
Dosen Indonesia Sahabat PGM. (2020). Kuliah Daring (Kisah Mengajar Saat Pandemi. Pustaka Galer Mandiri.
Hanoatubun, S., Kristen, U., Wacana, S., & Indonesia, P. (2020). Universitas muhammadiyah enrekan. 2, 146–153.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924
Izzati, N., Antika, R., Asma, N., & Siregar, R. (2020). Pembimbingan Guru Dalam Mengembangkan Soal. 4(3), 370–381.
Japar M, Fadhilla Dinni N, S. S. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom Dan Kahoot Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Digital. 4, 18–27.
Kusuma, J. W. (n.d.). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19 Universitas Bina Bangsa , Serang email : [email protected] Universitas Bina Bangsa , Serang email : [email protected] Abstrak Pendahuluan Ditengah wa. 5.
Matematika, M. P., Real, A., & Belajar, M. (n.d.). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real. 2, 50–59.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33.
Nugroho, A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif. September, 72–78.
Prawiyogi, A. G., & Purwanugraha, A. (n.d.). Efektifitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di sdit cendekia purwakarta.
Rahayu, W., Sulaeman, E., Herlan, M., & Noviah, E. (2020). Penguatan Praktik Penilaian Autentik Guru Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. 4(3), 3–8.
Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 2019, 1–9.
Syofyan, H., & Rahmania, Y. (2020). Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Ipa Mahasiswa Pgsd. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 1–10. https://doi.org/DOI: doi.org/10.21009/JPD.011.01
Waluyanti, S. (2015). Implementasi e-learning dalam pengembangan pendidikan dan pelatihan. 1–12.
Witono, W. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Ketahanan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), 396–406. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2525
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v4i2.4261
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: