EDUKASI RELAKSASI OTOT PROGRESIF CEGAH STRES DAN JENUH BELAJAR DARING PADA SISWA SMA

Rina Puspita Sari

Abstract


Abstrak: Pembelajaran daring merupakan salah satu dampak pandemi covid-19. Metode belajar daring, kurang nya interaksi secara langsung antara guru dan siswa, kendala sinyal dan alat belajar yang harus dimiliki mengakibatkan munculnya masalah stress, jenuh, cemas dan kelelahan pada siswa. Tujuan dari kegiatan ini yaitu melakukan edukasi relaksasi otot progresif untuk mencegah stress dan jenuh pada siswa selama menjalani pembelajaran daring. Metode pelaksanaan yaitu ceramah dengan slide power point, tanya jawab dan latihan relaksasi otot progresif melalui video dan menggunakan zoom meeting pada 50 siswa SMA N 24 Kab Tangerang. Terjadi peningkatan pengetahuan pada siswa yaitu rerata hasil pre-post test dari 60 menjadi 92. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan siswa setelah diberikan edukasi tentang relaksasi otot progresif. Kondisi nyaman dan rileks juga disampaikan oleh siswa. Diharapkan latihan relaksasi otot progresif dapat dilakukan secara berkesinambungan selama beberapa kali sesi latihan untuk diidentifikasi tingkat stres agar tampak hasil penurunan stress atau cemas, serta ada deteksi tingkat stres sebelum dan setelah kegiatan.

Abstract: Online learning is one of the impacts of the COVID-19 pandemic. Online learning methods, the lack of direct interaction between teachers and students, signal constraints and learning tools have resulted many problems such as stress, boredom, anxiety and fatigue in students. The purpose of this activity is to provide progressive muscle relaxation education to prevent stress and boredom in students during online learning. The implementation method is a lecture with power point slides, questions and answers and progressive muscle relaxation exercises via video and using a zoom meeting on 50 students of SMA N 24 Tangerang. There was an increase in students' knowledge, namely the average pre-post test result from 60 to 92. This indicates that there was an increase in students' knowledge after being given education about progressive muscle relaxation. A comfortable and relaxed condition was also conveyed by the students. It is hoped that progressive muscle relaxation exercises can be carried out continuously for several training sessions to identify stress levels so that the results of stress or anxiety reduction can be seen, as well as detect stress levels before and after activities.


Keywords


edukasi; relaksasi otot progresif; stres; pembelajaran daring.

Full Text:

PDF

References


CNN Indonesia. (2020). Kemendikbud: 68 Juta Peserta Didik Indonesia Terdampak Corona. In CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200804202131-20-532203/kemendikbud-68-juta-peserta-didik-indonesia-terdampak-corona

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Harsono, F. H. (2020). Survei KPAI: Belajar di Rumah Selama COVID-19 Bikin Anak Stres dan Lelah. In Liputan6 (pp. 1–4). https://www.liputan6.com/health/read/4251622/survei-kpai-belajar-di-rumah-selama-covid-19-bikin-anak-stres-dan-lelah

Kemdikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kemendikbud, 2019, 1–58. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

KPAI. (2020). Survei Pelaksanaan PJJ dan Sistem Penilaian Jarak Jauh Berbasis Pengaduan KPAI. https://bankdata.kpai.go.id/files/2021/02/Paparan-Survei-PJJ-KPAI-29042020_Final-update.pdf

Lestari, K. P., & Yuswiyanti, A. (2015). Pada Pasien Pre Operasi Di Ruang Wijaya Kusuma. Jurnal Keperawatan Maternitas, 3(1), 27–32.

Meidiana, R., Simbolon, D., & Wahyudi, A. (2018). Pengaruh Edukasi melalui Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Overweight. Jurnal Kesehatan, 9(3), 478. https://doi.org/10.26630/jk.v9i3.961

Nuwa, M. S. (2018). Modul Kombinasi Terapi Progressive Muscle Relaxation dengan Spiritual Guided Imagery and Music. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, January, 1–49.

PH, L., Daulima, N. H. C., & Mustikasari, M. (2018). Relaksasi Otot Progresif Menurunkan Stres Keluarga Yang Merawat Pasien Gangguan Jiwa. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(1), 51–59. https://doi.org/10.7454/jki.v21i1.362

Prodjo, W. A. (2020). 50 Siswa Sampaikan Masalah PJJ ke Mendikbud Nadiem, Dari Tugas Berat sampai Dana BOS Belum Efektif. In 18 Juni. https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/18/182021771/50-siswa-sampaikan-masalah-pjj-ke-mendikbud-nadiem-dari-tugas-berat-sampai?page=all

Resti, I. B. (2014). Teknik Relaksasi Otot Progresif untuk Mengurangi Stres pada Penderita Asma. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 02(01), 203.

Sari, R. P., Pratiwi, A., & Sari, R. S. (2019). Pengaruh Teknik Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tingkat Stres Kerja Pada Staff Stikes Yatsi. Jurnal Kesehatan, 8(2). https://doi.org/10.37048/kesehatan.v8i2.143

Sekti, R. M., & Fayasari, A. (2019). Edukasi Gizi dengan Media Audiovisual terhadap Pola Konsumsi Sayur Buah pada Remaja SMP di Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 77–88.

Sumantri, A., Anggraeni, andrian ari, Rahmawati, A., Wahyudin, A., & asep hermaawan. (2020). Booklet pembelajaran daring. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, 53(9), 1689–1699.

Syisnawati, Keliat, B. A., & Putri, Y. S. E. (2017). Penerapan Terapi Relaksasi Otot Progressif Pada Klien Ansietas Di Kelurahan Ciwaringin, Bogor. Journal of Islamic Nursingursing, 2(2), 69–75.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v5i3.8797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

JCES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE: