MELALUI SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT: TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN

Mawar Sukma Sinaga, Adji Suradji Muhammad

Abstract


Pemerintah memiliki tugas utama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. sebagaimana tertuang dalam “PembukaanuuUndang-Undang Dasar 1945”, diartikan secara mendalam dan menyeluruh bahwa melalui pendidikan setiap warga dapat meningkatkan taraf kehidupannya dari tingkat terendah hingga ketingkat pencapaian tertinggi. Survei Kepuasan Masyarakat merupakan media untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan pemerintah dalam bidang Pendidikan. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif yang berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor  14  Tahun  2017  Tentang  Pedoman Penyusunan Survei  Kepuasan  Masyarakat  Unit Penyelenggara Pelayanan Publik  yang menggunakan metode survei dengan pengukuran skala Likert. Skala Likert merupakan skala psikometrik untuk dipergunakan dalam mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang terhadap suatu jenis layanan publik yang biasanya digunakan dalam riset berbentuk survei. Responden dalam penelitian ini merupakan pengguna pelayanan publik dalam bidang pendidikan di Kabupaten Bintan. Melalui survei ini diketahui bahwa nilai kesenjangan pelayanan yang diberikan dan ekspektasi atau harapan penerima layanan dalam Bidang Layanan Pendidikan yang diselenggaran Pemerintah Kabupaten Bintan secara keseluruhan unsur yang dinilai memperoleh klasifikasi baik dengan nilai GAP berada di kisaran 0,8- 0,99.  


Keywords


Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Kualitas Pelayanan, Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Jazuli & Siti Fatimah. 2019. Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Kantor Desa Tatah Layap Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Banjarmasin: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia, jilid 5(2) p220 - 237

Concepción, I., Campa, J., Romero-galisteo, R. P., Teresa, M., Manzanares, L., & Moreno, N. (2019). Evaluation of quality of service in Early Intervention : A systematic review ଝ, 90(5). https://doi.org/10.1016/j.anpede.2018.04.009

Coste, A., & Tiron, A. (2013). Service Performance - Between Measurement and Information in the Public Sector. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92(Lumen), 215–219. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.662

Djaali. (2008). Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama.

Dwiyanto dkk, (2006). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press,

Lukito, Imam. 2016. Implementasi Kebijakan Survei Kepuasan Masyarakat pada Unit Penyelenggara Layanan Publik Kementerian Hukum dan HAM. Jakarta: Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, Vol 10 (3). p243-256

Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 513–532

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan MasyarakathUnit Penyelenggara Pelayanan Publik. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31764/jiap.v8i2.2182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:

        

 EDITOR'S OFFICIAL: