Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Pada Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta

Khairunnisa Khairunnisa

Abstract


The purpose of this research was to service quality of Vehicle Inspection in Transportation Agency of Yogyakarta as well as it’s supporting and hampering factors. The research design used qualitative approach with descriptive method. The data were collected through interviews, observation, and documentation. The data validation were done through source triangulation and the data were analyzed using Miles and Huberman’s analysis model. The results of the research showed that the service quality of Vehicle Inspection in Transportation Agency of Yogyakarta was already good, it can be seen from tangibility, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. However, there were still hampering factors in the improvement of the service quality such as the system that is not yet integrated to the Ministry of Transportation’s information system, the lack of people’s awareness to take periodical vehicle inspection, the socialization about vehicle inspection that is not directly done by the Technical Implementation Unit of Vehicle Inspection, the unavailability of online registration, and the absence of installation service of certificate as well as plate of periodical vehicle inspection.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor,Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Afrizal, Endang, L, & Dyah, H 2015, ‘Studi Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang’, Jurnal Kebijakan Publik dan Manajemen, vol. 4, no. 2, hh 1-10.

Badan Pusat Statistika Kota Yogyakarta 2018, Kota Yogyakarta Dalam Angka, BPS, Kota Yogyakarta.

Chantika, O. D 2013, ‘Kinerja Organisasi UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung Kota Surabaya’, Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, vol. 1, no. 1, hh 6-11.

Creswell, John W 2015, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Damayanti, Rosi, 2012, ‘Pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor Terkait dengan Keselamatan Penumpang (Studi di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar)’, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hardiyansyah 2011, Kualitas Pelayanan Publik; Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya, Gava Media, Yogyakarta.

Hayat 2018, Manajemen Pelayanan Publik, Raja Grafindo, Depok.

Kota Yogyakarta 2009, Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 16 tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Pengujian Kendaraan Bermotor, Lembaran Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2009 Nomor 118, Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

Kota Yogyakarta 2012, Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 5 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum, Lembaran Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2012 Nomor 5, Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

Kota Yogyakarta 2016, Peraturan Walikota Nomor 20 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Kerja, Jam Kerja, Apel Kerja dan Presensi Elektronik di Pemerintahan Kota Yogayaarta, Berita Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2016 Nomor 20, Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

Moleong, Lexy J 2016, Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Pemerintah Indonesia 2005, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal, Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2005 Nomor 150, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta.

Pemerintah Indonesia 2009, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta.

Pemerintah Indonesia 2012, Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 120, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta.

Prastowo, Andi 2012, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Diva Press, Yogyakarta.

Sellang, K, Jamaluddin & Mustanir, A 2019, Strategi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik: Dimensi, Konsep, Indikator dan Implementasinya, Qiara Media, Rappang.

Sinambela, L. P 2019, Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi, Bumi Aksara, Jakarta.

Sukmadinata, N. S 2013, Metode Penelitian Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tjiptono, F & Chandra G 2011, Service Quality & Satisfaction, ANDI, Yogyakarta.

Wati, S. A 2017. ‘Studi tentang Pengujian Kelaikan Kendaraan Bermotor di UPT Dinas Perhubungan Kota Samarinda’, Jurnal administrasi Negara, vol. 5, no. 1, hh 5566-5580.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:

        

 EDITOR'S OFFICIAL: