ANALISIS KOMPETENSI PUSTAKAWAN DALAM MENUNJANG PELAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI PARIWISATA (STP) MATARAM

Widiastuti Furbani, Rohana Rohana, Iskandar Iskandar, Nurjaidah Nurjaidah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan dalam dunia kerja, adanya ledakan informasi dan perkembangan teknologi serta ingin mencapai kepuasan pemustaka. Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apa saja kompetensi yang harus dimiliki oleh pustakawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pemustaka di UPT Perpustakaan STP Mataram dan bagaimana kinerja pustakawan di UPT Perpustakaan STP Mataram berdasarkan kompetensi yang dimiliki oleh pustakawan tersebut. Sehingga bertujuan untuk mengetahui kompetensi yang harus dimiliki oleh pustakawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pemustaka di UPT Perpustakaan STP Mataram dan mengetahui kinerja pustakawan di UPT Perpustakaan STP Mataram berdasarkan kompetensi yang dimiliki oleh pustakawan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pustakawan (kepala perpustakaan) dan pemustaka (2 orang dosen dan 5 orang mahasiswa). Langkah-langkah dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dilapangan yaitu kompetensi yang harus dimiliki oleh pustakawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pemustaka di UPT STP Mataram, yaitu kompetensi umum, kompetensi inti dan kompetensi khusus. Pustakawan di STP Mataram sudah memiliki dua kompetensi, yaitu kompetensi umum dan kompetensi inti, sedangkan untuk kompetensi khusus pustakawan belum menguasainya. Berdasarkan kompetensi yang dimilikinya kualitas pelayanan yang diberikan oleh pustakawan terhadap pemustaka sudah cukup baik. Kinerja pustakawan di UPT Perpustakaan STP Mataram berdasarkan kompetensi yang dimiliki oleh pustakawannya cukup baik. Kompetensi yang dimiliki oleh pustakawannya, yaitu kompetensi umum yang mencakup pengoperasian komputer, pembuatan rencana kerja dan pembuatan laporan kerjanya. Kompetensi inti meliputi kegiatan seleksi bahan perpustakaan, pengatalogan subjek, perawatan bahan perpustakaan, melakukan pelayanan sirkulasi maupun referensi, melakukan penelusuran informasi, promosi perpustakaan, kegiatan literasi informasi, serta memanfaatkan jaringan internet sebagai penunjang kualitas layanan perpustakaan.


References


DAFTAR PUSTAKA

Amrullah, & Pamasang Siburian. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 13 (2), 99–118.

Arridha, Mustaqiran. (2018). Analisis Kinerja Pustakawan Dalam Meningkatkan Pemanfaatan Peprustakaan Polda Aceh. Skripsi. Fakultas Adab Dan Humaniora, UIN Ar-Raniry Darussalam: Banda Aceh.

Azmar, Nora Junita. (2015). Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di Perpustakaan. Jurnal Iqra’. 09 (02). 233-234.

Bafadal, Ibrahim. (2011). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. (2016). Kompetensi Pustakawan Profesional. Yogyakarta: Capulis.

Hasbana, Amrullah. (2017). Standar Kompetensi Pustakawan sebagai Instrumen Asesmen Jabatan Fungsional Pustakawan. Jurnal Al-Maktabah. (16), 68–79.

Hasnia. (2020). Analisis Kompetensi Pustakawan dalam Menunjang Kualitas Pelayanan terhadap Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Alauddin Makassar: Makassar.

Hermawan, Rachman. (2010). Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan terhadap Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nursam, Nasrullah. (2017). Manajemen Kinerja. Journal Of Islamic Education Management. 2 (2). 167-175.

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 236 Tahun 2019 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Kesenian, Hiburan Dan Rekreasi Golongan PokokPerpustakaan, Arsip, Museum, Dan Kegiatan Kebudayaan lainnya Bidang Perpustakaan.

Pamungkas, Lucki D., Endah Setyowati & Hermintatik. (2015). Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Prestasi Kerja (Studi Pada Perpustakaan Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Publik. 3 (5). 739-744.

Pratiwi, Linda. (2010). Pemilihan (Seleksi) Pengadaan Bahan Pustaka di Kantor Arsip dan Perpustakaan Umum Kabupaten Klaten. Tugas Akhir. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta: Surakarta.

Rachman, R. A. (2017). Analisis Kompetensi Pustakawan Dalam Memberikan Informasi (Studi pada Layanan Referensi Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang). Skripsi. Fakultas Administrasi, Universitas Brawijaya: Malang.

Rifaldi. (2019). Peran Pustakawan Dalam Peningkatan Layanan Referensi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Tugas Akhir. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Mataram: Mataram.

Ridwan, Furbani, W., & Saleh, A. (2021). Upaya Peningkatan Kinerja Pustakawan di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 3 (2). 103–117.

Rodin, Rhoni. (2017). Pustakawan Profesional di Era Digital: Meningkatkan Kreativitas, Inovatif dan Profesionalitas Pustakawan. Yogyakarta: Suluh Media.

Rodin, Rhoni. (2015). Urgensi Kualitas Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2 (1), 1-20.

Sadaruddin. (2022). Pengaruh Promosi Jabatan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kementrian Agama Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Makassar: Makassar.

Siregar, Muhammad R. A. (2015). Kompetensi yang Harus Dimiliki Seorang Pustakawan (Pengelola Perpustakaan). Jurnal Iqra', 09 (02). 211-222.

Solichin. (2020). Pengaruh Kompetensi Pustakawan, Fasilitas Perpustakaan Dan Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Siswa Di Perpustakaan SMK Negeri 2 Magelang. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Standar Nasional Indonesia (SNI) Bidang Perpustakaan dan Kepustakawanan. Perpustakaan Nasional RI Tahun 2011.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Sulfijasari, Tuti. (2021). Analisis Hasil Belajar Lompat Jauh Di SMP Negeri 25 Bulukumba. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Sulistyo, Eko. (2019). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Generasi Digital Native. Libraria Jurnal Perpustakaan. 7 (1). 57-76.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Winarto, Peno. (2019). Sikap Pustakawan dalam Menghadapi Berbagai Karakter pemustaka di Dinas Peprustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi. Skripsi. Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi: Jambi.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v4i2.11095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: