PENERAPAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM

Nurul Fikriati Ayu Hapsari, Ridwan Ridwan, Amin Saleh, Abdul Hafiz

Abstract


Laporan akhir ini membahas mengenai penerapan sistem otomasi perpustakaan di UPT Perpustakaan STP Mataram. Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem otomasi perpustakaan di UPT Perpustakaan STP Mataram dan kendala apa saja yang di hadapi UPT Perpustakaan STP Mataram dalam menerapkan sistem otomasi perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan sistem otomasi pada perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di UPT Perpustakaan STP Mataram. Dari hasil penelitian ini di temukan bahwa, penerapan sistem otomasi di UPT Perpustakaan STP Mataram meliputi pengadaan, pengolahan, penelusuran, dan entri data. Dalam melakukan pengolahan bahan pustaka dapat di lakukan pengecekan melalui komputer seperti katalogisasi, klasifikasi, dan inventariasi. Perpustakaan STP Mataram dalam hal menyusun dan menempatkan koleksi di rak di susun secara sistematis berdasarkan nomor klasifikasinya. Disamping itu, fakor yang menjadi kendala dalam pelayanan otomasi Perpustakaan STP Mataram adalah kurangnya fasilitas yang ada sehingga layanan otomasi belum terlaksana dengan baik sesuai yang di inginkan oleh pengguna perpustakaan, belum stabilnya sistem jaringan sehingga menghambat dalam melakukan otomasi perpustakaan, kurangnya staf yang terlatih sehingga menjadi kendala yang menghambat pengembangan otomasi perpustakaan. Pembangunan otomasi perpustakaan harus mempunyai staf yang ahli dalam mengoperasikan komputer.


Full Text:

PDF PDF

References


Saleh. (2006). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan Perpustakaan

Laundon dalam Radityo dan Zulaikha, (2007). Pengukuran atau penilaian kualitas suatu sistem informasi.

Basuki, Sulistyo. (1994). Otomasi Perpustakaan mencakup bidang pengadaan, sirkulasi, pengatalokan, temu balik informasi, kesiagaan informasi, dan keperluan administrasi Perpustakaan.

Basuki, Sulistyo. (1995). Automasi adalah salah satu aspek pemanfaatan teknologi informasi untuk kepentingan Perpustakaan muali dari pengadaan, pengatalogan, hinggan ke jasa pelayanan informasi Perpustakaan.

Supriyanto, Wahyu dan Muhsin, Ahmad. (2008). Manfaat dalam menerapkan sistem otomasi Perpustakaan.

Mulyadi. (2016). Pengelolaan perpustakaan berbasis senayan library manajemen sistem (SLiMS). Jakarta: Rajawali Press.

Ni Putu Ratih Adnyana Putri (2018). Penerapan sistem otomasi Perpustakaan untuk meningkatkan kinerja Pustakawan di Perpustakaan Pusat Universitas Warmadewa.

Amiruddin, Asrul. (2015). Penerapan sistem otomasi Perpustakaan dalam peningkatan kualitas pelayanan di Perpustakaan Stain Watampone.

Sauqy, Muh. (2019). Penerapan sistem otomasi Perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di UPT Perpustakaan UMMAT.

Moleong. (2006). Analisi kualitatif cenderung dilakukan secara analisis induktif dan makna merupakan hal yang esensial.

Sugiyono. (2006). Data yang pasti adalah data yang sebenarnya terjadi adanya, bukan data yang sekedar terlihat, terucap, tetapi data yang mengandung makna di balik yang terlihat dan terucap tersebut.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah instrument kunci teknik pengumpulan data yang dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari generalisasi.

Zainal, Nur Alfian. (2015). Penerapan sistem otomasi slims (senayan library management system) di Perpustakaan Universitas Fajar Makassar.

Azwar. (2013). Pengertian SliMs (senayan library management system).

Fitrianto, Ulfa. (2014). Pengaruh sistem otomasi Perpustakaan (IBRA.V.4) terhadap kualitas pelayanan sirkulasi di Perpustakaan jurusan kebidanan Poltekes Kemenkes Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Lailabadd. (2016). Macam-macam sistem otomasi Perpustakaan. Word Press.

Mulyadi. (2006). Pengelolaan Perpustakaan berbasis senayan library manajemen sistem (SLiMS). Jakarta: Rajawali Press.

Ridwan, R., & Susanto, S. (2019). Penerapan Aplikasi Slims Akasia Dalam Pelayanan Informasi Pemustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Mataram Periode 2019. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN (JIPER), 1(1).

Suryadi, Ade. (2019). Pengertian otomasi perpustakaan, tujuan, manfaat, dan fungsi. Universitas Bina Sarana Informatika. https://elibrary.bsi.ac.id/readnews/2019/05/17/pengertian-otomasi-perpustakaan-tujuan-manfaat-dan-fungsi.html#:~:text=Menurut%20Riyanto%2C%20otomasi%20perpustakaan%20adalah,pengelola%20anggota%2C%20satistik%2C%20dan%20lain.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v4i2.11176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: