RUANG TERBUKA PUBLIK DALAM KONTEKS KOTA LAYAK ANAK DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak: Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota layak anak di Indonesia yang menyediakan berbagai ruang publik bagi aktivitas anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi bentuk ruang publik serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pemanfaatan ruang publik oleh anak-anak di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada dua lokasi, yaitu Taman Pintar dan kawasan Lempuyangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Pintar merupakan ruang publik yang dirancang secara terencana, sedangkan kawasan Lempuyangan tumbuh secara spontan tanpa perencanaan, dengan kondisi lahan terbatas dan minim fasilitas bermain namun tetap ramai dikunjungi anak-anak. Faktor-faktor yang memengaruhi pemanfaatan ruang tersebut meliputi lokasi yang strategis, aksesibilitas tinggi, daya tarik lingkungan, rasa tempat yang hidup, serta fleksibilitas ruang yang tersedia.
Abstract: Yogyakarta City is one of the child-friendly cities in Indonesia that provides various public spaces for children's activities. This research aims to find out the variations in the form of public spaces and analyze the factors that influence the utilization of public spaces by children in Yogyakarta City. This research uses a qualitative approach with a case study method in two locations, namely Taman Pintar and the Lempuyangan area. The results showed that Taman Pintar is a planned public space, while the Lempuyangan area grew spontaneously without planning, with limited land conditions and minimal play facilities but still visited by children. Factors that influence the utilization of the space include strategic location, high accessibility, environmental attractiveness, a lively sense of place, and flexibility of available space.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Carmona, M., Heath, T., Oc, T. & Tiesdell, S. 2003. Public Places Urban Spaces. The Dimensions of Urban Design, Architectural Press.
Carr, S., Francis, Mark., Rivlin, Leanne G. & Stone, Andrew M. 1992. Public Space. Cambridge: Cambridge University Press
Darmawan, Edy. 2009. Teori dan Kajian Ruang Publik Kota. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gehl, J. 2006. Life Between Buildings 5th Edition. Copenhagen: Danish Architectural Press.
Hambleton, District Council. 1995. Supplementary Planning Guidance for Public Outdoor Playing Space.
Hurlock, Elizabeth. 1998. Perkembangan Anak Jilid I, Jakarta: Erlangga
Senda, Mitsuru. 1998. Play Space for Children. Tokyo : Ichigaya Publishing
Yin, R. K. (1996). Studi Kasus: Desain Dan Metode. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Baskara, Medha. 2011. Prinsip Pengendalian Perancangan Taman Bermain Anak di Ruang Publik. Jurnal Lanskap Indonesia, Volume 3, No 1. Hal 27-34
Diningrat, Rendy Adriyan & Ramadhani, Raisa Savitri. 2013. “Perencanaan Kota Inklusif (Inclusive City Planning)”. Prosiding Proses Perencanaan. Hal III-1 s/d III-28. UGM,Yogyakarta.
Farida, Ani. 2014. Penerapan Konsep Child Friendly Space Pada Ruang Publik Kampung Badran Yogyakarta. Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta
Riggio, Eliana. 2002. “Child Friendly Cities : Good Governance in the Best Interest of Child”. Environment & Urbanization Vol 14 No 2. International Institute for Environment and Development (IIED), London.
Setiawan, Bakti. 2006. Ruang Bermain Untuk Anak di Kampung Kota: Studi Persepsi Lingkungan, Seting, dan Perilaku Anak di Kampung Code Utara, Yogyakarta. Jurnal Manusia dan Lingkungan, Volume 13, No 2. Hal 60-70
DOI: https://doi.org/10.31764/jpe.v9i1.10078
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Planoearth

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_________________________________________________________
Jurnal Planoearth
ISSN 2502-5031 (print) 2615-4226 (online)
Email: [email protected]
Contact (WA): +62 813-2837-4359
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Planoearth telah terindeks di: