PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM TATANAN NORMAL BARU DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR KOTA MAKASSAR

Saenal Abidin, Arsil T., Irvan Muliyadi, Touku Umar

Abstract


ABSTRAK

Tatanan normal baru merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal umum dengan ditambah protokol kesehatan, yang dalam hal ini adalah di perpustakaan perguruan tinggi. Oleh karena itu, penting bagi perpustakaan untuk melakukan pengelolaan perpustakaan khususnya di Perpustakaan Universitas Indonesia Timur Kota Makassar. Maka perlu dilakukan penguluran tangan ke lapangan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di perpustakaan perguruan tinggi yaitu Perpustakaan Universitas Indonesia Timur Kota Makassar. Tujuan dilakukan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman pentingnya pengelolaan perpustakaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melakukan pengenalan budaya lingkungan perpustakaan, menyusun rancangan kegiatan dan melakukan pengelolaan perpustakaan. Adapun hasil yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah terdapat tiga komponen yang menjadi kegiatan utama selama pengabdian ini dilakukan, yang memberikan kesimpulan; pertama, kegiatan menata sumber informasi agar dapat ditemukan kembali secara efektif dan efisien. Kedua, menyusun manajemen dan administrasi perpustakaan. Ketiga, memberikan pelayanan informasi kepada pemusta.


Full Text:

PDF (13-22)

References


Abidin, Saenal dkk. (2022). Sosialisasi Pentingnya Literasi Informasi di Madrasah Aliyah Mursyidut Thullab Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Jurnal To Maega, 5(2), 187-197.

Buwana, Raditya Wira. (2020). Membentuk Sikap Pelayanan Pustakawan yang Bercitra Positif. Jurnal Libraria 8(2), 211-230.

Fa’atin, Salmah. (2017). Meningkatkan Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Membentuk Integritas Mahasiswa Menuju Kampus Berperadaban. Jurnal Libraria, 5(2), 306-320.

Imran Benawi. (2013). Menjadikan Perpustakaan Sebagai Sumber Inspirasi dalam Membangun Peradaban. Jurnal Iqra’, 7(2), 33.

Kanedi, Indra & Zulita, Leni Natalia. (2019). Sistem Administrasi Perpustakaan pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 03 Kota Bengkulu. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. 16(2), 127-131.

Kurniawan, Taufiq. (2016). Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Mengembangkan Repositori Institusi. Jurnal Pustakaloka, 8(2), 232-243.

Qalyubi, Syihabuddin dkk. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Safitri, Tiara Hilda. (2017). Pustakawan Profesional di Era Digital. Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca. 33(2), 65-66.

Saleh, Abdul Rahman. (2001). Fungsi Perpustakaan Kampus dalam Pembinaan Budaya Baca-Tulis. Bandung: Perpustakaan Universitas Islam bandung.

Sutarno, NS. (2003). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v2i1.11347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: