PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN DESA REMPUNG

Nurul Fikriati Ayu Hapsari

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan pentaan administrasi perpustakaan dan program pemberdayaan masyarakat desa menjadi komponen utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya pada masyarakat desa. Kegiatan ini dilakukan di Perpustakaan Desa Rempung, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan staf perpustakaan desa dan meningkatkan minat kunjung masyarakat desa ke Perpustakaan. Metode yang digunakan adalah partisipasi yang melibatkan peran serta aktif aparatur pemerintah desa, civitas akademika, dan masyarakat. Tahapan kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah melakukan observasi, diskusi, pelaksanaan, pengabdian. Adapun hasil kegiatan penataan perpustakaan desa telah terlaksana sesuai dengan rencana dan target yang ditetapkan, seperti seperti melakukan inventarisasi, klasifikasi,katalogisasi, labeling, pentaan dan layanan sirkulasi. Selanjutnya melakukan pengadian masyarakat dengan mengadakan program-program pelatihan dalam bidang Pendidikan seperti pelatihan Bahasa inggris, pelatihan computer dan pelatihan keterampilan pembuatan buket. Dengan demikian, keberadaan perpustakaan desa diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada masyarakat desa.


Full Text:

PDF (6-12)

References


Alam, S. (2015). Membangun perpustakaan desa menjadi peletak dasar lahirnya budaya baca masyarakat di pedesaan. Jupiter, XIV(2), 78–82.

Darmono. (2016). Manajemen Pelayanan Perpustakaan Desa. Kegiatan KoordinasPengembangan Budaya Baca – Bimtek Kader Pustaka Se-Kabupaten Malang. http://lib.um.ac.id/wpcontent/uploads/2017/03/MakalahManajemen-Pelayanan PerpustakaanDesa.pdf

Hermanto, B. (2015). Optimalisasi perpustakaan desa dalam rangka meningkatkan pendidikan masyarakat. Jurnal Pustaka Ilmiah, 1(1), 71–76.

Maskurotunitsa, R. S., & Rohmiyati, Y. (2016). Peran perpustakaan desa “Mutiara” dalam pemberdayaan masyarakat Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(4), 81–90.

Qalyubi, S., dkk. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v2i1.13549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: