MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA DI SD INPRES BORISALLO
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada anak-anak Sd Inpres Borisallo.Kec.Parang Loe,Kab.Gowa Kota Makassar Sulawesi Selatan. Proyek ini merupakan luaran yang berpusat pada pelaksanaan program kampus mengajar yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya gemar membaca siswa /siswi yang memiliki kemampuan membacanya yang berbeda-beda.Mulai dari tingkat kemampuan membaca yang lambat,sedang dan cepat melalui beberapa program yang menarik berupa terbentuknya kelas literasi untuk siswa/siswi yang kemampuan membacanya rendah,pojok sekolah,sudut baca dikelas,penataan buku,mading sekolah dan kamis manis untuk menumbuhkan budaya minat baca siswa.Program ini berlangsung selama 4 bulan penugasan dengan beberapa tahapan yaitu (1) Observasi awal kegiatan (2) tahap inplementasi yang merupakan tahapan pendampingan belajar siswa (3) tahap evaluasi merupakan tahap penilaian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa efisien program kerja yang sudah dilaksanakan bagi siswa,apakah program yang sudah dilaksanakan membawa perubahan bagi kemampuan literasi dan ada manfaatnya bagi siswa.Dengan terlaksananya program ini diharapkan dapat membantu siswa/siswi di Sd Inpres Borisallo menumbuhkan budaya membaca dan mampu menimba ilmu yang lebih luas untuk kedepannya.
Kata Kunci: 1.literasi 2.gerakan literasi, 3. Budaya membaca
Full Text:
PDF (15-24)References
Anugrah, W. D., Arina Faila Saufa, & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859
Azis, A. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Autentik, 2(1), 57–64.
Fikri, K., Rahma, Y. A., Rahfitra, A. A., & Rahayu, S. S. (2022). Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak Melalui Gerakan Literasi Membaca di SDN 02 Desa Sri Gading. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI,6(2).
https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.4153
Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 846–856.https://jurnal.univpgri palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/art icle/view/2643
Kemendikbud. (2016). Literasi Dasar: Enam Komponen Literasi Dasar. Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan, 04–21.
mulyo teguh. (2017). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1)57–68.https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615
Purwati, S. (2018). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(1), 173–187.
Ramadan, F. D. & Z. A. (2020). pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 3(2),524–532. https://journal.ui.ac.id/ajie/article/view/971
Wiratsiwi,W. (2020).Penerapan Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar.Refleks Edukatika:Jurnal Ilmiah Kependidikan,10(2),230238.
https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663
DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v3i2.21874
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing: