PERANCANGAN APLIKASI MOBILE FINDIT SISTEM AUGMENTED REALITY SEBAGAI SELF-CIRCULATION KOLEKSI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN OBJECT ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN
Abstract
Menurunnya minat kunjung perpustakaan seringkali disebabkan oleh kesulitan pemustaka dalam menemukan koleksi secara mandiri (Self-Circulation), meskipun telah tersedia OPAC. Kecemasan dan ketidakefisienan dalam mencari lokasi rak menjadi masalah umum. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi mobile FindIt yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai sistem Self-Circulation untuk mempermudah dan mempercepat proses pencarian serta pengembalian koleksi di perpustakaan. Metode perancangan yang digunakan adalah Object Oriented Analysis and Design (OOAD) dengan Unified Modelling Language (UML), diawali observasi di UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dilanjutkan analisis kebutuhan, perancangan diagram use case, activity, sequence, serta pembuatan prototype high-fidelity. Hasil perancangan meliputi desain sistem FindIt dengan fitur utama login, pencarian buku, panduan navigasi AR ke lokasi rak saat meminjam, dan proses pengembalian mandiri berbasis AR. Sistem FindIt yang dirancang ini menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan pengalaman pemustaka, mengurangi kecemasan pencarian, serta mengefisienkan layanan sirkulasi perpustakaan secara mandiri melalui teknologi AR yang interaktif.
Full Text:
PDF (34-51)References
Bagus, & Mahendra, M. (2019). Implementasi Augmented Reality (AR) Menggunakan Unity 3D Dan V uporia SDK. 9(1), hal. 1-5.
Baumgartner-Kiradi, B., Haberler, M., & Zeiller, M. (2019). Potential of Augmented Reality In The Library. Information Technology and Information Management, 2(3), hal. 30-37.
Ghina Nur Rahmayanti, A., & Sekti AJI, A. (2023). Implementasi Augmented Reality Pencarian Kategori Buku Rak Perpustakaan Berbasis Mobile. Jurnal Tekinkom, 6(2), hal. 730-736. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v6i2.1030
N, W., & Noviyanti. (2023). Analisis dan Implementasi Sistem Informasi Objek Wisata Bengkayang Menggunakan Pendekatan Berorientasi Objek.
Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi Dan Komputer, 3(2), hal. 61-74.
Putri Yanova, S. D., & Padli Nasution, M. I. (2022). AUGMENTED REALITY FOR VISITING GUIDE TO THE LIBRARY ROOM. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(5), 1431–1437. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2022.3.5.608
Riski Utama, B., Alfan Rosid, M., & Hindarto, H. (2023). Pemodelan Gedung Kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dengan Metode Augmented Reality Sebagai Media Informasi. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 7(2), hal. 851-864.
Wira Trise Putra, D., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) Dalam Perancangan Sistem Infomasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. TEKNOTIF, 7(1), hal. 32-39. https://doi.org/10.21063/jtif.2019.V7.1.32-39
DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v5i1.30830
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Progressive Innovation Library Service (JPILS)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2809-042X
-------------------------------------------------------------------------
Licengcing:
This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------
Indexing: