PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Lulu Puji Istiana, Amin Saleh, Widiastuti Furbani

Abstract


Saat ini perpustakaan terus mengalami perkembangan dimulai dengan yang bersifat tradisional sampai saat ini masuk ke dalam era modern (digital). Perpustakaan dulu sistem pengelolaannya masih sangat sederhana, koleksinya pun sangat terbatas, pelayanan dan penyediaannya masih manual. Sedangkan perpustakaan saat ini sudah mengalami perkembangan dalam berbagai aspek seperti pengelolaan, koleksi, pelayanan, penyediaan, dan ilmu pengetahuan semakin berkembang. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia memerlukan proses inovasi dan kreatifitias yang berkelanjutan dan bertahap secara konsisten dan terencana dari semua pihak. Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Lombok Timur hadir sebagai sarana penyedia informasi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lombok Timur. Diharapkan dengan adanya lembaga ini kualitas masyarakat Kabupaten Lombok Timur dapat lebih meningkat baik pengetahuan maupun keterampilan. Adapun metode yang digunakan untuk adalah dengan cara memperbaiki kulaitas pelayanan perpustakaan. Semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat di Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Lombok Timur telah 100% dilaksanakan dan menghasilkan luaran diantaranya yaitu pelaksanaan pelayanan perpustakaan dan informasi kepada masyarakat dengan mengadakan berbagai kegiatan yang meningkatkan minat baca masyarakat.


Full Text:

PDF (16-29)

References


Lasa HS. ((2008). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Gama Media.

Suwarno, Wiji. (2014). Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Pustakawan, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Undang-undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI. 2007.




DOI: https://doi.org/10.31764/.v1i1.5700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: