Editorial Policies

Focus and Scope

Journal of Government and Politics (JGOP) merupakan jurnal yang fokus dan skup kajiannya dibidang Pemerintahan dan politik. untuk itu kami membuka bagi peneliti yang ingin mempublikasikan pemikirannya atau hasil penelitian.

Focus and Scope:

Tata Kelola Pemerintahan

Tata Kelola Keuangan Pemerintahan

Desentralisasi dan Otonomi Daerah

Kebijakan Publik

Manajemen Publik dan Manajemen bencana

Resolusi Konflik

Politik Lokal

Demokrasi Digital

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Reviewer of GJOP Journal is composed of experts who are competent in the fields of governmental science, politics and public policy and other social sciences and each works independently and professionally by upholding the ethical code of scientific publications as reviewers. The peer review process of GJOP Journal is as follows:

  1. Reviewer conducts a review or scanning and examination of incoming manuscript to be analyzed based on conformity with their field of expertise. Reviewer has the right to refuse if it is not in accordance with their expertise and competence, and the Section Editor can redirect to other appropriate reviewers.
  2. Reviewed manuscript is a double blind review (without the identity of the writer and reviewer).
  3. Reviewer comprehends the manuscript based on the substance (article quality) within a maximum period of 4 weeks after the manuscript is received. If within that period the review of the manuscript has not been completed, the reviewer must confirm to the Editor in Chief of the journal.
  4. During the review process, the reviewers provide an assessment of the manuscript through the review form that is available within electronic journal application. If you find it difficult, reviewers can manually review the script on the checklist review form (Ms.Word format) sent by the Section Editor.
  5. Reviewed manuscript is returned to the Section Editor.
  6. Reviewer makes decisions on the results of the reviewed manuscript, including:
  • Accept Submission (manuscript is accepted).
  • Revisions Required (the manuscript needs to be revised by the author and returned to the reviewer).
  • Decline Submission (manuscript is declined).
  • See Comments (see comments, reviewers refuse subtly).

 

Publication Frequency

Dipublikasikan secara periodik setiap 6 bulan sekali yakni bulan Juli dan Desember

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Etika Publikasi

Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan adalah jurnal elektronik yang melalui proses peer-review yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Mataram. Bagian ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel dalam jurnal ini, diantaranya penulis, ketua penyunting, Dewan Penyunting, peer-reviewer dan penerbit. Pernyataan ini sudah berdasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik untuk Editor Jurnal COPE.

A.    Pedoman Etis untuk Publikasi Jurnal

Publikasi artikel dalam jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan telah melalui proses peer-review, yakni pengembangan dari jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Hal ini merupakan pengakuan langsung dari kualitas kerja para penulis dan lembaga-lembaga yang menaunginya. Peer-Review atas artikel merupakan bentuk pelaksanaan dan perwujudan dari metode ilmiah. Oleh karena itu, penting untuk disepakati standar perilaku etik bagi semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan, yakni penulis, tim editor, peer-reviewer, penerbit dan masyarakat.

Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Mataram selaku penerbit Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan menjalankan tugas sebagai penanggung jawab atas semua tahap penerbitan dengan sangat serius. Selain itu, Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Dewan Penyunting akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan/atau penerbit lain apabila dibutuhkan dan diperlukan.  

Untuk itu, dalam etika publikasi ini ada beberapa ketentuan yang diatur, diantaranya: 

1. Keputusan Publikasi

Tim Penyunting Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan memiliki tanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Validitas artikel dan manfaat bagi peneliti dan pembaca harus dijadikan sebagai faktor penentu dalam setiap pembuatan keputusan. Para penyunting akan mendasarkan pada kebijakan dari Dewan Penyunting dan aturan-aturan hukum yang umumnya berlaku seperti pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Penyunting dapat berunding dengan penyunting lainnya atau Mitra Bestari dalam membuat keputusan tersebut. 

2. Asas Berkeadilan

Penyunting dalam mengevaluasi naskah harus berdasarkan konten intelektual artikel itu sendiri, tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari para penulis.

3.Kerahasiaan 

Penyunting dan setiap Tim Penyunting tidak diperkenankan mengungkapkan informasi apapun tentang naskah yang telah diserahkan kepada orang lain selain penulis, reviewer, calon reviewer, penyunting lain, dan penerbit.

4. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Materi yang belum dipublikasikan dalam sebuah naskah yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian penyunting sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

B.    Tugas Reviewer

Adapun beberapa tugas reviewer bisa dirangkum dalam beberapa poin di bawah ini: 

1. Kontribusi untuk Keputusan Penyuntingan

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan penyuntingan, yakni melalui komunikasi penyunting dengan penulis, reviewer juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas artikel yang bersangkutan.

2. Kepastian Waktu

Setiap reviewer yang diminta dan merasa bahwa dirinya tidak memenuhi kualifikasi untuk mengulas artikel tertentu atau mengetahui bahwa reviewnya tidak akan selesai tepat pada waktunya harus melakukan pemberitahuan kepada penyunting dan mengundurkan diri dari proses review artikel tersebut.

3. Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima untuk direview harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tersebut tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali diizinkan oleh Penyunting.

4. Standar Objektivitas

Review harus dilakukan secara objektif. Kritik atas pribadi Penulis adalah tidak tepat. Reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka secara jelas dan didukung oleh argumen yang baik, kecuali diizinkan oleh penyunting.

5. Pengakuan terhadap Sumber Referensi

Reviewer harus mengidentifikasi karya relevan yang telah diterbitkan dan belum dikutip oleh Penulis. Pernyataan observasi, derivasi, atau argumen telah disebutkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus memberitahu penyunting jika ada kesamaan substansi atau tumpang tindih antara naskah yang dipertimbangkan dengan setiap makalah orang lain yang mereka ketahui sebelumnya.

6. Kerahasiaan dan Konflik Kepentingan

Informasi rahasia atau ide yang diperoleh melalui Peer-Review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Reviewer tidak diperbolehkan mereview naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan akibat kompetitif, kolaboratif, atau lainnya hubungan atau koneksi dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga terhubung dengan artikel yang di-review.

 

C.    Tugas Penulis

Sedangkan untuk tugas-tugas yang harus dilakukan penulis dalam proses publikasi artikelnya adalah sebagai berikut: 

1. Standar pelaporan

Penulis naskah harus menyajikan laporan penelitian yang akurat yang dilakukan serta tujuan dan manfaat dari penelitian tersebut. Data yang dipakai harus disajikan secara akurat dalam artikel yang dikirimkan. Naskah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi pekerjaan. Pernyataan yang curang atau dengan sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

2. Akses dan Penyimpanan Data

Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan artikel untuk penyuntingan, dan harus siap untuk menyediakan akses publik terhadap data tersebut (sesuai dengan ALPSP-STM Statement on Data and Database), jika memungkinkan. Penulis wajib untuk menyimpan data tersebut dalam waktu yang wajar setelah publikasi dalam kondisi apapun.

3. Orisinalitas dan Plagiasi

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli atau ditulis sendiri, dan jika penulis telah menggunakan pekerjaan dan / atau kata-kata dari orang lain harus memastikan bahwa hal tersebut telah dikutip dengan tepat.

4. Publikasi Ganda, lebih dari Satu Jurnal

Seorang penulis tidak diperbolehkan mempublikasikan naskah penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima.

5. Pengakuan Sumber

Pengakuan yang tepat dari karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam penulisan karya ilmiahnya.

6. Karangan Kertas

Penyebutan Penulis harus dibatasi kepada orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai penulis pendamping. Apabila ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua rekan penulis (co-author) yang tepat dan tidak ada rekan penulis yang tidak pantas dimasukkan di atas kertas, dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi akhir nahkah dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

7. Pengungkapan  Sumber  Keuangan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka, setiap konflik terkait sumber keuangan atau kepentingan pihak ketiga, yang dapat mempengaruhi obyektifitas naskah yang dikirim. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek / penelitian dalam artikel yang dikirim harus diungkapkan.

8. Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan,  adalah kewajiban penulis untuk segera memberitahukan tim penyunting jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan penyunting untuk menarik kembali atau memperbaiki artikel tersebut.

 

Pemeriksaan Plagiasi

Artikel yang diserahkan ke Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan akan disaring terlebih dahulu untuk menghindari praktik plagiasi menggunakan perangkat TURNITIN dan mesin pencari berbasis Google. Keputusan terhadap naskah -apakah akan ditolak, dimintakan klarifikasi pada penulis, atau dilanjutkan proses peer review-, sangat bergantung pada tingkat orisinalitas dan tingkat kesamaan (similarity) artikel yang diterima dengan artikel lainnya yang terlah terpublikasikan sebelumnya.

 

Biaya Publikasi

Semua proses publikasi dalam jurnal ini adalah gratis. Tidak ada biaya sedikit pun yang harus dibayarkan penulis sejak pengiriman artikel, review, hingga terpublikasikan.

This journal charges the following author fees.

: 0.00 (IDR)

: 0.00 (IDR)

: 0.00 (IDR)