Hubungan Promosi Menggunakan Internet Terhadap Perilaku Pembelian Tidak Terencana (Studi Kasus Pada Mahasiswa Dan Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram)
Abstract
Konsumen Indonesia memiliki sepuluh karakter unik, yaitu berpikir jangka pendek, tidak terencana, suka berkumpul, gagap teknologi, berorientasi pada konteks, suka merek luar negeri, religius, gengsi, kuat di sub kultur, dan kurang peduli lingkungan. Sebagian besar konsumen Indonesia memiliki karakter unplanned ditambah lagi dengan munculnya istilah e-comerce atau e buisnes yang merupakan salah satu perkembangan teknologi untuk mempermudah konsumen untuk berbelanja kapan saja. Dengan demikian penelitian ini akan melihat hubungan promosi melalui internet terhadap perilaku pembelian tidak terencana oleh konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan ilmiah terhadap pengambilan keputusan manajerial dan ekonomi, dalam penelitian ini berdasarkan dan data-data diperoleh dari wawancara dan kuisioner. Jenis penelitian menggunakan penelitian ex-post facto, karena didalam penelitian ini tidak dibuat perlakuan atau manipulasi terhadap variabelnya tetapi mengungkap berdasarkan gejala yang telah ada pada diri responden. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara periklanan dan promosi penjualan menggunakan internet terhadap perilaku pembelian tidak terencana pada Mahasiswa Dan Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram. Hal ini dibuktikan dengan nilai F-hitung (14,765) lebih besar dari F-tabel dengan taraf signifikasi 5% dan N=97 (3,09).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31764/jgop.v1i1.942
Copyright (c) 2019 Jurnal Studi Ilmu Pemerintahan
This publication is indexed by: