ANALISA EFISIENSI IRIGASI PADA PETAK SAWAH DI DAERAH SIDANG WAY PUJI, KECAMATAN RAWAJITU UTARA, KABUPATEN MESUJI, PROVINSI LAMPUNG

Azwar Azwar, Lucyana Lucyana

Abstract


Efisiensi irigasi didefinisikan sebagai perbandingan antara jumlah air yang diberikan dikurangi dengan jumlah kehilangan air yang diberikan. Permasalahan pengelolaan air irigasi akan timbul jika terjadi kekurangan air di petak tersier sawah, penelitian ini dilakukan secara langsung di lapangan dengan menggunakan teknik drum padi dan teknik inflow-outflow di petak tersier sawah. Hasil penelitian ini menunjukan nilai efisiensi irigasi pada petak sawah (Ea) sebesar 79.28%. Hasil penelitian merekomendasikan efisiensi irigasi berdasarkan Standar Perencanaan Irigasi perlu diperhitungkan sampai ke petak sawah, dan efisiensi irigasi berdasarkan Direktorat Jendral Irigasi (1989) seharusnya sebesar 90.00%. Efisiensi irigasi pada petak sawah untuk tanaman padi di Daerah Irigasi Sidang Way Puji diharapkan dapat menjadi masukan kepada pihak-pihak terkait dalam mengambil kebijakan mengenai sistem pemberian air irigasi yang lebih efisien dalam penggunaan air irigasi sehingga membantu mengatasi masalah kekurangan air pada petak sawah.

Keywords


Efisiensi Irigasi; Petak sawah; Teknik drum; Sistem distribusi

Full Text:

PDF

References


] Direktorat Jendral Pengairan. 1989. Standar Perencanaan Irigasi : KPUD Jendral SDA Direktorat Irigasi dan Rawa.

Wilson E. M. 1969. Hidrologi Teknik. Bandung: ITB Bandung.

Muslimin. 2016. Efisiensi Irigasi Pada Petak Tersier Di Daerah Irigasi Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Aceh Tenggara : Universitasa Syiah Kuala.

Ahmad, dkk. 2013. Kajian Efektifitas Dan Efisiensi Jaringan Irigasi Terhadap Kebutuhan Air Pada Tanaman Padi (Studi Kasus Irigasi Kaiti Samo Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu). Jurnal Teknik Sipil. Universitas Pasir Pengairan.

Harto, Sri, 1993. Analisis Hidrologi. Jakarta:PT. Gramedia.

Rismalinda, 2011. Diktat Kuliah Hidrologi. Universitas Pasir Pengaraian.

Soemarto, CD, 1993. Hidrologi Teknik. Jakarta: PT. Gramedia.

Suroso, dkk. 2007. Evaluasi Kinerja Jaringan irigasi: Jurnal Teknik Sipil.

Sari, dkk. 2007. Analisa ketersediaan dan kebutuhan air pada DAS Sampean. Jurnal Teknik Sipil.




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v23i2.1732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ulul Albab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.