Ethnomathematics in Improving Students' Concept Understanding: A Meta-Analysis

Malik Ibrahim, Habibi Ratu Perwira Negara

Abstract


Abstrak: Pembelajaran matematika dengan konsep budaya lokal atau yang disebut dengan etnomatematika merupakan suatu strategi untuk mengajarkan siswa dalam pembelajaran matematika yang selama ini dianggap menakutkan. Etnomatematik artinya studi matematika yang mempertimbangkan budaya dimana matematika timbul dan merupakan pendekatan yang digunakan untuk mengungkapkan korelasi antara budaya lingkungan dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran berbasis etnomatematika. Metode dalam penelitian ini menggunakan meta-analisis. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak JASP dengan inputan nilai Effect Size (ES) dan Standard Error (SE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 38 data yang memenuhi keriteria diperoleh peningkatan sebesar 53%. Pada jenjang SD dengan data sebanyak (N) 13 ditemukan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan sebesar 29%, pada jenjang SMP dengan data sebanyak (N) 18 ditemukan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan sebesar 0.41 atau 41%, dan pada jenjang SMP dengan data sebanyak (N) 9 ditemukan peningkatan sebesar 0.25 atau 25%. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa pembelajaran berbasis etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa lebih berpengaruh pada jenjang SMP yaitu sebesar 41%.


Abstract: Learning mathematics with the concept of local culture or what is called ethnomathematics is a strategy to teach students in learning mathematics which has been considered scary. Ethnomathematics means the study of mathematics that considers the culture in which mathematics arises and is an approach used to reveal the correlation between environmental culture and mathematics. This study aims to determine the improvement of students' understanding of mathematical concepts with ethnomathematics-based learning. The method in this study uses meta-analysis. Data were analyzed using JASP software with the input of Effect Size (ES) and Standard Error (SE) values. The results showed that 38 data that met the criteria obtained an increase of 53%. At the elementary level with data as much as (N) 13, it was found that students' concept understanding had increased by 29%, at the junior high school level with data as much as (N) 18, it was found that students' concept understanding had increased by 0.41 or 41%, and at the junior high school level with data as much as (N) 9, an increase of 0.25 or 25% was found. Based on the data obtained, ethnomathematics-based learning in improving students' understanding of learning concepts is more influential at the junior high school level, namely 41%.


Keywords


Ethnomathematics, Concept understanding, Meta analysis.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agusdianita, N., & Karjiyati, V. (2021). The Use of Ethnomathematics Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education Models on Mathematics Literacy Mastery. 532, 317–324.

Ajmain, Herna, & Sitti Inaya Masrura. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54.

Andriani, S., & Septiani, I. (2020a). Etnomatematika Motif Ceplokan Batik Yogyakarta Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 83. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.966

Andriani, S., & Septiani, I. (2020b). Etnomatematika Motif Ceplokan Batik Yogyakarta Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Badrullah. (2020). Pendekatan Etnomatematika dalam Peningkatan Kompetensi Dasar Pola Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(2010), 123–135.

Darma, Suaedi, & Ma’rufi. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas Viii Smp Datok Sulaiman Palopo.

Derawi, D., Suaedi, & Ilyas, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran. 6, 163–175.

Farokhah, L., Arisetyawan, A., & Jupri, A. (2017). the Effect of Ethnomathematics-Based Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) Approach on Mathematical Communication Skill on Geometry in Elementary School. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, III(9), 534–543. https://doi.org/10.18768/ijaedu.370417

Fatmawati, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Datar Segitiga. AXIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 5, 74–80.

Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690

Herdian, F., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Level berpikir siswa dalam memahami konsep dan prinsip bangun ruang dengan pendekatan pembelajaran etnomatematika beradasarkan teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 111–119.

Hikmah, R., & Nengsih, R. (2021). Etnomatematika : Persamaan Garis Lurus dengan Media Geogebra. Jurnal Derivat.

Jayadinata, A. K. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Etnomatematika Budaya Sunda Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa pada Materi Persegipanjang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 761–770.

Ma’rufi, Pasandaran, R. F.Yogi, A. (2018). Pemahaman konsep matematika memberikan pengertian bahwa dalam belajar matematika, seseorang atau peserta didik tidak hanya sekedar menghafal rumus dari materi matematika yang dipelajari, tetapi mampu memahami konsep dari materi pelajaran itu sendiri. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2).

Mandailina, V., Syaharuddin, S., Pramita, D., Ibrahim, I., & Haifaturrahmah, H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.955

Miftakhudin, Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2019). Integrasi Etnomatematika pada Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Saintifik untuk Menstimulasi Berpikir Logis Siswa SMP. Prisma, 2, 510–515.

Mulyasari, D. W., Abdussakir, A., & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.1-14

Mutaqin, A., Syaifuddin, M., & Cholily, Y. M. (2021). Ethnomathematics Based Geometry Module Development With a Scientific Approach to Improve Students’ Metacognition Ability. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 4(1), 11. https://doi.org/10.30738/indomath.v4i1.8867

Narita, R., Kadir, A., & Anwar, N. (2022). Penerapan Etnomatematika Kerajinan Aceh Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Smp Negeri 1 Syamtalira Bayu. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 103–109.

Nugraha, T., Maulana, M., & Mutiasih, P. (2020). Sundanese Ethnomathematics Context in Primary School Learning. 7(1), 93–105. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i1.22452

Nur Azmi dan Rosdiana. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuri berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 82–90.

Nur Azmi, & Rosdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(2), 82–90. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.180

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870

Pratami, R. K. V. M., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika Pada Rumah Adat Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 125. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.293

Putri, I. A. M. A., & Agustika, G. N. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(2), 279–291. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.50699

Rizal, A. F., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 2(2), 1–14.

Sari, T. A. M., Sholehatun, A. N., Rahma, S. A., & Prasetyo, R. B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Seni Batik Madura dalam Pembelajaran Geometri. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 71–77. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1032

Sutarto, Muzaki, A., Hastuti, I. D., Fujiaturrahman, S., & Untu, Z. (2022). Development of an Ethnomathematics-Based e-Module to Improve Students’ Metacognitive Ability in 3D Geometry Topic. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(3), 32–46. https://doi.org/10.3991/IJIM.V16I03.24949

Tyaningsih, R. Y., Salsabila, N. H., Samijo, S., & Jatmiko, J. (2020). Pengembangan MUPEL (multimedia peluang) berbasis etnomatematika dalam permainan tradisional anak (Dakon). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 39–53. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14255

Vevi M. P, R. K., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika pada Rumah Adat Lampung. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.293

Wati, N. N. K. (2022). Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 5(4), 440. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.43652

Witha, T. S., Karjiyati, V., & Tarmizi, P. (2021). Pengaruh Model RME Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus 17 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 136–143. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.2.136-143




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v29i1.30334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Malik Ibrahim, Habibi Ratu Perwira Negara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 878-6400-3847

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram already indexed: