The Use of Social Media on Learning Interest Based on Education Level: Which is More Influential?

Firman Aziz, Rama Wijaya Abdul Rozak

Abstract


Abstrak: Media sosial saat ini banyak digunakan siswa, mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Akan tetapi, banyak juga siswa yang tidak menggunakan media sosial dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terkait minat belajar siswa dari jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis dengan pendekatan kuantitatif yang mana peneliti melakukan proses secara sistematis dengan identifikasi, menyeleksi, dan menilai dengan kritis penelitian-penelitian sebelumnya yang dianggap cukup relevan. Data yang diambil sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi database perinduk jurnal. Data yang diperoleh diolah menggunakan perangkat lunak JASP. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh sebesar 0,57 (efek sedang). Berdasarkan jenjang pendidikan pada tingkat Sekolah Dasar sebesar 0,7 (efek sedang), Sekolah Menengah Pertama sebesar 1,02 (efek tinggi), Sekolah Menengah Atas sebesar 0,38 (efek kecil), dan pada Perguruan Tinggi sebesar 0,44 (efek sedng). Persentase yang paling tinggi ada pada jenjang Sekolah Menengah Pertama dibandingkan pada jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi. Kontribusi penelitian ini adalah penelitian ini dapat dijadikan sebagai pilot project pengembangan model penggunaan media sosial bagi hasil belajar siswa.

Abstract: Social media is currently widely used by students, starting from elementary school to college level. However, there are also many students who do not use social media properly. This study aims to analyze the effect of social media use on students' interest in learning from elementary school to college levels. This study uses a meta-analysis method with a quantitative approach in which the researcher conducts a systematic process by identifying, selecting, and critically assessing previous studies that are considered quite relevant. Data were taken in accordance with the inclusion and exclusion criteria of the journal index database. The data obtained were processed using JASP software. The results showed an effect of 0.57 (moderate effect). Based on the level of education at the elementary school level was 0.7 (medium effect), junior high school was 1.02 (high effect), high school was 0.38 (small effect), and at university was 0.44 (medium effect). The highest percentage was at the junior high school level compared to the elementary school, senior high school, and university levels. The contribution of this study is that this research can be used as a pilot project to develop a model of using social media for student learning outcomes.

 


Keywords


Social media, Learning interest, Education level.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agustiah, D., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 181. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1935

Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464

Amalia, D. T., & Gumiandari, S. (2023). Effect of Using Social Media on Students’ Interest in Learning English. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2(4), 330–342. https://doi.org/10.54012/jcell.v2i4.138

Anggraini, R., & Ubidia, A. T. (2022). Hubungan Media Sosial Tiktok terhadap Minat Belajar Mahasiswa. ISTISYFA : Journal of Islamic Guidance and Conseling, 1(03), 128–139.

Arbah, N., Wilson, A. B., & Ta’ali, T. (2023). Korelasi Media Sosial dan Smartphone terhadap Minat Belajar Siswa. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 30–38. https://doi.org/10.24036/javit.v3i1.148

Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 61–73. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2322

Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Minat Belajar di MA Miftahul Ishlah Tembelok. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 421–432. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1977

Boateng, R. O., & Amankwaa, A. (2016). The impact of social media on instruction in higher education. Global Journal of Human-Social Science: G Linguistics & Education, 16(4), 373–401. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-0256-2.ch016

Christina, V. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Sman 84 Jakarta.

Dewi, W. N. A., Marini, M., Khasanah, K., & Rifandi, R. A. (2022). Sosialisasi Dampak Kecanduan Penggunaan Gadget Bagi Kehidupan Anak Sekolah di SMP Fransiskus Semarang. Manggali, 2(1), 120. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1920

Farhan Amnan Mullisi, & Agung Setyawan. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. EduCurio: Education Curiosity, 1(1), 190–197.

Fatokun, K. V. (2019). Effect of social media on undergraduate students achievement and interest in chemistry in the North-central geo-political zone of Nigeria. International Journal of Science and Technology Education Research, 10(2), 9–15. https://doi.org/10.5897/ijster2019.0453

Firman, A., Perdana, A. H., & Putra, K. (2020). Point of View Research Management The Effect of Social Media Utilization, Campus Environment and Entre-preneurship Knowledge on Student Entrepreneurial Interest. Point of View Research Management, 1(4), 131–143.

Fitri, S., Fahmi Dwisep Saputra, & Taufiq, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tasikmalaya. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 1–5. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.65

Habibah, I. H., & Putri, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar (Analisis Siswa SMK Muhammadiyah Sekampung dan MAN 1 Metro). Journal of Social Science Education, 4(1), 91–104.

Hadiah Tullah, N., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821–826. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.587

Hardono, A., Sarayar, A. R. O., Donianxon, R. A., Kurniawan, Hans Audianto, & Nastiti, P. (2019). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa UAJY. Proceeding SINTAK 2019, 1, 458–464.

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 79–84.

Lahatje, F., Kamaruddin, K., & Dzakiah, D. (2023). Dampak Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Smk Al-Ikhsan Sigi. Jurnal UIN Dato Krama, 2(1), 1–8.

Mariani, S. D., Larasati, D. A., Prasetya, S. P., & Stiawan, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 206–216.

Muskita, M., & Muskita, S. M. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UKIM. Jurnal Sains, Sosial Dan Humaniora (Jssh), 2(2), 70–75. https://doi.org/10.52046/jssh.v2i2.1511

Nasution, S. L., Windari, F., Harahap, S. Z., & Elvina, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Bidang Studi Akutansi Di Feb Universitas Labuhanbatu. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 67–75. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2068

Nugraha, A. F. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas xi di SMK Wisudha Karya Kudus. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 1(1), 110–123. https://doi.org/10.53869/jpas.v1i1.19

Nurhalimah, A., Mandailina, V., Mahsup, & Syaharuddin. (2022). Measuring the Difficulty Level of Mathematical Problems Based on Polya Criteria. Journal of Education Research and Evaluation, 6(4), 595–607. https://doi.org/10.23887/jere.v6i4.46316

Oktaviana, O., Rusno, R., & Firdaus, R. M. (2018). Pengaruh Media Sosial, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Terpadu. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/jrpe.v3i1.3814

Praditasari, E. L., Handayanto, A., & Wulandari, D. (2019). Penggunaan Structural Equation Modeling (SEM) untuk Mengetahui Pengaruh Kebiasaan Mengakses Media Sosial terhadap Minat Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 306–309. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4858

Putri, F. A., Cahyadi, F., & Budiman, M. A. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pandean Lamper 02. Wawasan Pendidikan, 3(24), 745–754. https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.16260

Rahma Amadea Septiani, & Abadi, A. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika. Didactical Mathematics, 4(2), 355–361. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2156

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406

Relwandani, Eryanto, H., & Wolor, C. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Negeri 40 Jakarta. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 3(3), 615–625. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v3i3.446

Sahlan, S., & Sihombing, A. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa/I Kelas Vb Mis Al-Hidayah. Nizhamiyah, 12(1), 53–64. https://doi.org/10.30821/niz.v12i1.1487

Sarifah, I., MS, Z., & Nuraini, I. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp untuk Minat Belajar Siswa SD Selama Pembelajaran Daring. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 123–130. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i2.9198

Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176

Sihombing, J. R., Sibagariang, S. A., & Sitorus, D. P. (2022). Pengaruh Media Sosial dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Panombeian Panei. Jurnal Darma Agung, 30(2), 511–515.

Sihombing, S., Sirait, J. R., & Simatupang, L. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Yotube Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 11 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(4), 82–99. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i4.360

Sukreni, K., Damayanthi, L. P. E., Wirawan, I. M. A., & Sunarya, I. M. G. (2015). Korelasi antara Perilaku Penggunaan Media Sosial “Facebook” dan Minat Belajar TIK terhadap Kreativitas Belajar dan Prestasi Belajar TIK Siswa di SMA Negeri 1 Sawan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 4(4), 230–238.

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945.

Suparman, S., Tamur, M., Yunita, Y., Wijaya, T. T., & Syaharuddin, S. (2021). Using Problem-Based Learning to Enhance Mathematical Abilities of Primary School Students: A Systematic Review and Meta-Analysis. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 5(1), 144. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3806

Syahrani, V. R., Harahap, M. M., & Trisiya, K. ayu. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS, 3(2), 63–68.

Wasa, M. E., Sulistyo, S., & Afian, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.21067/jrpe.v4i2.3907

Yasinta, Y., & Fernandes, R. (2020). Dampak Penggunaan Jejaring Sosial Geschool Terhadap Minat Belajar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 168–174. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.26




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v29i1.30335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Firman Aziz, Rama Wijaya Abdul Rozak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 878-6400-3847

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram already indexed: