Rekomendasi Penentuan Lokasi Pembangunan Mall Baru Di Kabupaten Lombok Tengah

Baiq Azqiana Satirah, Furqonnur Fitra, Febrita Susanti

Abstract


Kabupaten Lombok Tengah merupakan kabupaten dengan perkembangan yang pesat. Hal tersebut menjadikan Kabupaten Lombok tengah merupakan lokasi yang strategis untuk adanya pembangunan Mall. Dengan melakukan observasi untuk mendapatkan data dari berbagai responden dan bisa dapat melakukan analisis lokasi pembangunan yang strategis dengan menggunakan metode P-Median untuk menemukan kecamatan yang strategis untuk pembangun Mall di Wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa nilai Demand-weighted Distance yang paling rendah ada di Kecamatan Praya dengan nilai 14578822, serta jarak rata-rata yaitu 15,46 km. Dapat disimpulkan bahwa lokasi yang optimal untuk lokasi pembangunan mall baru adalah di Kecamatan Praya.

Abstract:  Central Lombok Regency is a district with rapid development. This makes Central Lombok Regency a strategic location for Mall development. By making observations to get data from various respondents and being able to analyze strategic development locations using the P-Median method to find strategic districts for mall builders in the Central Lombok Regency Region. Based on the results of the analysis, it is known that the lowest Demand-weighted Distance value is in Praya District with a value of 14578822, and the average distance is 15.46 km. It can be concluded that the optimal location for the construction of a new mall is in Praya District.

Keywords


Pembangunan; Mall; Demand-weighted Distance

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lombok Tengah. (2019). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan Tahun 2019. bps.go.id. (diakses pada tanggal 10 Juli 2021).

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lombok Tengah. 2012. Luas Wilayah Tiap Kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah. bps.go.id. (diakses pada tanggal 10 Juli 2021).

Berman, B., & Evan, J. (2010). Retail Management: A Strategic Approach (11 Ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Gilbert, D. (2003). Retail Marketing Management. England: Pearson Education.

Handayani, Sri, dan Singgih, Moses L.. (2010) Penentuan Lokasi Cabang Baru Laboratorium Klinik X dengan Menggunakan Analytic Network Process (Anp) dan Kelayakan Investasi. Surabaya: ITS.

Kasmir, J. (2009). Studi Kelayakan Bisnis. Edisi ke-2. Jakarta: Prenada Media Group.

Pemerintah Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. (2021). Profil Kecamatan Praya Tahun 2021.

Satria, Darryl Hall Stevanda Dwi, dkk. (2019). Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi Shopping Mall di Kota Surakarta. Desa-Kota Vol. 1. 124-128.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.